Apa yang kamu konsumsi ketika berbuka puasa? Setelah seharian penuh menahan lapar dan haus, tentu ketika berbuka kamu menginginkan hidangan yang menggugah selera. Karena hal inilah terkadang kamu terlalu bernafsu untuk berbuka dengan makanan yang begitu menggoda pada siang hari. Tanpa berpikir panjang dan mengetahui risikonya, kamu pun menyantap makanan yang dihidangkan, semuanya.

Ini makanan & minuman yang boleh dan tak boleh dikonsumsi pas Buka

Sumber: Instagram/@dietsehatinfo

Puasa tak hanya sekadar kewajiban yang harus dilakukan oleh umat muslim. Puasa, terkadang dijadikan cara untuk menjalankan pola hidup sehat, bahkan ada yang memanfaatkannya sebagai diet sehat. Pada saat berbuka puasa kamu dituntut bijak dalam memilih makanan yang sehat. Selain karena keadaan perut yang kosong, memilih makanan yang tepat dapat mengembalikan energi kamu setelah seharian berpuasa. Jadi, ada semacam aturan nih bagi kamu untuk menjaga asupan ketika berpuasa agar tubuh kamu selalu sehat.

Nah, berikut ini adalah jenis minuman dan makanan yang sebaiknya kamu hindari dan sebaiknya kamu konsumsi.

1. Hindari minuman berkarbonasi.

Ini makanan & minuman yang boleh dan tak boleh dikonsumsi pas Buka

Sumber: pxhere.com

Minuman yang seharusnya tak dikonsumsi saat berbuka puasa adalah minuman berkarbonasi. Tak hanya saat berbuka puasa, di hari-hari biasa saat keadaan perut masih kosong, juga jangan mengonsumsi minuman berkarbonasi. Ketika soda dikonsumsi pada saat perut kosong, asam yang terdapat pada soda akan bercampur dengan asam lambung pada perut. Ketika hal itu terjadi, maka akan menimbulkan mual dan iritasi dalam usus.

2.Konsumsi air kelapa.

Ini makanan & minuman yang boleh dan tak boleh dikonsumsi pas Buka

Sumber: pxhere.com

Berbeda dengan minuman berkarbonasi, minuman yang dianjurkan untuk berbuka puasa adalah air kelapa. Seperti yang dilansir dari laman thehealthysite.com, air kelapa mengandung elektrolit yang sangat seimbang. Air kelapa mengandung 95,5 persen air dan 0,005 persen kandungan nitrogen dan asam fosfat. Air kelapadapat mengembalikan cairan tubuh yang hilang selama berpuasa. Untuk menghindari risiko radang tenggorokan, sebaiknya kamu mengonsumsiair kelapatanpa tambahan es ataupun sirup pewarna. Nah,air kelapabisa menjadi menubuka puasakamu selain es buah. Meskipun demikian, jangan lupa untuk tetap mengonsumsi air putih, ya.

3. Hindari cokelat dan gorengan.

Ini makanan & minuman yang boleh dan tak boleh dikonsumsi pas Buka

Sumber: pxhere.com

Beralih ke jenis makanan, salah satu makanan yang tak boleh dikonsumsi saat berbuka adalah makanan dengan kadar gula tinggi seperti permen maupun cokelat. Cokelat termasuk makanan yang sulit dicerna. Mengonsumsi makanan ini bisa membuat lambung kamu lambat untuk memprosesnya sehingga menyebabkan perut bisa menjadi kembung. Selain itu, cokelat merupakan sumber instan kenaikan berat badan dan menyebabkan kompleksitas jika dikonsumsi setiap hari.

Selain coklat, makanan yang digoreng atau berminyak seperti pangsit goreng, pisang goreng, kari, dan kue kering berminyak adalah beberapa makanan yang tak seharusnya dikonsumsi ketika berbuka puasa.

Ini makanan & minuman yang boleh dan tak boleh dikonsumsi pas Buka

Sumber: pxhere.com

Kandungan lemak dalam minyak yang ada pada makanan gorengan tersebut membuatnya sulit dicerna terutama ketika makanan itu menjadi makanan pertama yang dimakan setelah puasa. Karena sulit untuk dicerna, proses untuk mencerna gorengan akan memakan waktu lama serta dapat mengganggu dan menghambat saluran pencernaan untuk mencerna zat gizi lain.

4. Konsumsi kurma.

Ini makanan & minuman yang boleh dan tak boleh dikonsumsi pas Buka

Sumber: lifestyle.sindonews.com

Makanan yang sangat populer dijadikan menu berbuka puasa dan bahkan Nabi Muhammad sendiri pun menganjurkan untuk dikonsumsi adalah kurma. Banyak manfaat yang dapat kamu peroleh ketika mengonsumsi kurma saaat berbuka puasa. Di antaranya, mengurangi rasa haus mineral saat berpuasa karena memiliki kandungan mineral yang tinggi, memperlancar aliran darah karena memiliki kandungan vitamin, meningkatkan energi karena kandungan glukosa yang sangat tinggi dan merupakan sumber energi, menjaga pencernaan karena kandungan serat dalam kurma mampu membantu mencegah sembelit, dan meningkatkan kekebalan tubuh karena mengandung magnesium, mangan, dan selenium yang dapat meningkatkan antibodi dan menghindarkan tubuh dari berbagai penyakit saat berpuasa.

Nah, sudahkah kamu memilah konsumsi makanan-makanan tersebut ketika berbuka puasa? Jika belum, sekarang perbaikilah asupan makan berbukamu dengan makanan yang menyehatkan. Bijaklah dalam memilih makanan demi menjaga kesehatanmu ketika berpuasa.