NPWP (Nomor Pajak Wajib Pajak) yang dimiliki oleh semua orang, terutama mereka yang sudah bekerja. NPWP ini dibayar secara berkala setiap bulan untuk dijadikan pajak penghasilan. Membayar pajak pada dasarnya merupakan sebuah kewajiban dari semua orang yang telah memiliki penghasilan sendiri.

Kalau kamu belum memiliki NPWP dan malas untuk mendaftarkan diri karena selalu antre panjang, cobalah untuk mendaftar NPWP online melalui website resmi kantor pajak. Pemerintah memudahkan semua orang untuk melakukan kegiatan wajib membayar pajak ini dengan sistem online. Saat ini, NPWP online sudah mulai marak digunakan. Jika kamu ingin mencoba silakan mengikuti langkah-langkah mudahnya berikut.

1. Menyiapkan dokumen yang dibutuhkan.

Ini keunggulan NPWP online yang wajib kamu tahu

Walau dilakukan secara online, namun dokumen tetap menjadi nomor satu yang harus disiapkan. Setelah semua dokumen telah disiapkan, kamu dapat mengikuti langkah berikutnya.

Dokumen yang diminta berupa KTP atau SIM, kartu keluarga, dan dokumen lainnya.

2. Mendaftar online.

Ini keunggulan NPWP online yang wajib kamu tahu

Jika semua dokumen sudah disiapkan, yang harus dilakukan adalah mendaftar secara online di situs kantor pajak resmi. Setelah membuka website tersebut, silakan mengisi beberapa kolom yang diminta sebagai langkah awal pendaftaran.

Namun sebelumnya, kamu sudah memilih kolom e-registration. Setelah itu, isi setiap kolom yang diminta.

3. Menunggu balasan e-mail.

Ini keunggulan NPWP online yang wajib kamu tahu

Setelah tahapan di atas sudah kamu jalankan, kamu tinggal menunggu e-mail balasan yang akan menunjukkan langkah berikutnya. Kemudian, akun kamu telah aktif. Cukup mudah dan cepat, kan?

Selain itu kamu akan mendapatkan beberapa keunggulan karena telah menggunakan NPWP online, seperti melakukan pembayaran secara langsung tanpa harus mengantre di kantor pajak. Kalau kamu rutin membayar pajak, maka kamu dapat menikmati semua fasilitas yang digunakan. Seperti penggunaan jalan tol atau jalan yang ada di Indonesia merupakan biaya dari pajak yang kamu bayar ke pemerintah untuk infrastruktur negara yang juga akan kamu gunakan.

Dengan punya NPWP, kamu juga akan dimudahkan dalam mengurus berbagai hal seperti pinjaman kredit bank atau yang lainnya. Itulah keunggulankalau kamu memiliki NPWP, semua proses akan menjadi lebih mudah. Apalagi jika ingin membuat paspor, syarat utamanya adalah memiliki NPWP.