×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Ini lho 7 makanan penyebab kamu bisa susah buang air besar

0

Kesehatan

Ini lho 7 makanan penyebab kamu bisa susah buang air besar

Pastikan kamu memilih makanan yang sehat agar BAB-mu lancar ya!

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Yeni Endah

16 / 09 / 2018 11:45

Berapa kali kamu buang air besar dalam seminggu? Jika kurang dari tiga kali, berarti itu indikasi serangan sembelit. Biasanya, gejala sembelit disertai sakit perut, feses terasa keras, dan keluar darah dari pelepasan.

Gejala sembelit bisa diakibatkan oleh banyak faktor. Seperti kurang cairan tubuh dan kurang konsumsi makanan berserat. Namun, beberapa jenis makanan tertentu ternyata juga bisa memicu terjadinya sembelit lho. Saat kamu sembelit tentu akan menghambat aktivitasmu. Berikut 7 makanan yang bisa menyebabkan kamu susah BAB.

1. Produk terbuat dari susu.

Ini lho 7 makanan penyebab kamu bisa susah buang air besar

Foto : Beaty jounal socilia.com

Loading...


Keju, es krim, dan dairy product lainnya dikenal sebagai makanan yang bisa menyebabkan konstipasi alias sembelit. Mark Spielmann, Manajer Nutrisi di Rumah Sakit La Rabida, Chicago, mengatakan produk yang terbuat dari susu mengandung lemak tinggi, yang berbanding terbalik dengan jumlah seratnya. 

Produk-produk dari susu sapi biasanya mengakibatkan konstipasi, terutama pada balita. Untuk mencegah sembelit, kata dia, mungkin bisa coba sherbets buah sebagai gantinya.

2. Keripik atau olahan snack

Ini lho 7 makanan penyebab kamu bisa susah buang air besar

Foto : Resep Koki

Camilan semacam keripik kentang kemasan biasanya banyak dipilih ketika lapar. Padahal makanan ini punya kandungan lemak dan garam yang tinggi. Garam berpotensi membuat kamu dehidrasi. Padahal tubuh butuh cairan untuk memproses makanan. 

Belum lagi makanan tersebut sudah diproses sedemikian rupa dengan zat kimia tambahan, seperti perasa dan pengawet. Ada baiknya selingi waktu snacking dengan buah-buahan atau oats yang kaya serat pangan.

3. Daging Merah

Ini lho 7 makanan penyebab kamu bisa susah buang air besar

Foto : Merdeka.com

Sebenarnya daging merah atau berbagai jenis lainnya bukan penyebab spesifik sembelit. Hanya saja, kebanyakan orang memilih daging atau ayam utuh sebagai lauk, dibanding daging yang ditumis bersama sayur. Padahal produk hewani tidak mengandung serat dan punya lemak jenuh tinggi yang lebih lama dicerna.

Mark Spielmann mengatakan tak ada yang salah dengan makan daging, selama ada kombinasinya berupa sayur atau buah-buahan tinggi serat, misalnya makan salad sebagai pendamping steak.

4. Makanan tinggi karbohidat

Ini lho 7 makanan penyebab kamu bisa susah buang air besar

Foto : My recipes.com

Nutrisionis dan dietitian, Lyssie Lakatos, mengatakan biskuit, cake, kerupuk, dan makanan tinggi karbohidrat lainnya bisa memicu konstipasi. Alasannya, sejumlah makanan tersebut rendah serat, rendah cairan, dan tinggi lemak.
Kurangi makanan jenis ini jika tak ingin susah buang air besar. Paling tidak, gizinya harus diimbangi dengan buah, sayur, dan minum air putih yang cukup.

5. Makanan yang digoreng

Ini lho 7 makanan penyebab kamu bisa susah buang air besar

Foto : Taste Of Asian Food


Makanan yang digoreng seperti kentang, donat, makanan ringan lainnya cenderung memperlambat sistem pencernaan. Bisa lebih buruk efeknya kalau mengkonsumsi makanan yang dilapisi tepung roti. Misalnya chicken katsu, fish and chips, dan sebaginya.

Sama seperti keripik kentang, makanan yang digoreng dan berlemak lainnya butuh waktu lama untuk dicerna. Ini bisa memperlambat gerakan gastrointestinal normal. Sebaiknya imbangi menu kamu dengan makanan yang direbus atau kukus ya.

6. Frozen food

Ini lho 7 makanan penyebab kamu bisa susah buang air besar

Foto : Style Craze

Makanan instan dan frozen food bisa jadi pilihan lauk praktis. Selain cepat mengolahnya, rasanya juga enak. Tapi jangan heran kalau setelah makan, kamu jadi susah buang air besar.

Hampir semua makanan beku tinggi lemak dan rendah serat, apalagi kalau makanannya digoreng. Belum lagi tambahan nasi tinggi karbo. Makin lengkap alasan kenapa kamu harus menghindari makanan ini.

Selain itu, kandungan sodiumnya tinggi dan bisa mengikat air. Akhirnya tubuh kekurangan cairan untuk mendorong sisa pencernaan.


Wah, kurang-kurangi ya makanan berlemak jenuh tinggi supaya kamu gak sembelit. Perbanyak makan sayur dan buah, ya.

7. Pisang

Ini lho 7 makanan penyebab kamu bisa susah buang air besar

Foto : Info Sehat

Uniknya, pisang bisa jadi penyebab sembelit sekaligus obatnya. Hal ini tergantung dari tingkat kematangan buah pisang yang kamu makan. Pisang berwarna hijau menyebabkan sembelit. Tapi, pisang matang punya serat larut tinggi yang bisa membantu melancarkan keluarnya sisa makanan dan racun dalam tubuh. Jadi bagus untuk mengatasi masalah sembelit. Jadi pastikan kamu pilih pisang yang sudah matang dan berwarna kuning ya!

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red