×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Ini lho 7 anime tertua yang pernah dibuat, favorit generasi zaman old

0

Film

Ini lho 7 anime tertua yang pernah dibuat, favorit generasi zaman old

Dibuat awal abad 20-an, anime ini memiliki cerita dan tokoh yang unik. Bikin kamu penasaran.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Anthika

03 / 09 / 2018 15:54

Siapa nih yang suka nonton anime? Mulai dari genre action, romance, comedy, adventure, drama, fantasy, magic, dan lain-lain, bisa kamu pilih sesuai hobi dan umur kamu. Tapi kamu tahu nggak nih, anime yang pertama kali diproduksi? 

Dilansir dari www.oldest.org, anime mulai diproduksi sejak tahun 1917. Namun karena  gempa besar Kanto tahun 1923, sebagian besar anime pertama hancur atau hilang. Baru dalam beberapa tahun terakhir film tersebut dipulihkan secara digital. Berbeda dengan anime saat ini yang memiliki cerita dan masalah yang kompleks, anime dahulu memiliki cerita lebih sederhana. Seperti apa ya ceritanya? Berikut tujuh anime tertua yang diketahui pernah dibuat.

7. Sakuranigassen (Monyet dan Kepiting), 1927

Sarukanigassen adalah film animasi pertama Yasuji Murata. Anime Murata ini  menggambarkan cerita rakyat Jepang yang dikenal sebagai pertengkaran antara monyet dan kepiting, di mana seekor monyet licik membunuh kepiting, dan kemudian sang monyet dibunuh oleh anak-anak kepiting yang membalas dendam.

Ini lho 7 anime tertua yang pernah dibuat, favorit generasi zaman old

Loading...

Film ini berdurasi lima menit dan diyakini sebagai versi singkat yang memotong adegan monyet menipu kepiting untuk menukar bola nasi dengan biji kesemek milik sang monyet.

6. Kemurigusa monogatari (Kisah sebuah Tembakau), 1926

Film yang disutradarai oleh Noburo Ofuji ini hanya terdapat tiga menit, dari durasi lengkapnya yaitu 6 menit. Film ini mengisahkan seorang pria kecil yang menceritakan kisah tentang tembakau kepada seorang gadis muda Jepang yang cantik. 

Ini lho 7 anime tertua yang pernah dibuat, favorit generasi zaman old

Meskipun tanggal resmi produksi anime Kemurigusa monogatari terdaftar pada tahun 1926, beberapa orang percaya bahwa film tersebut mungkin telah dibuat pada tahun 1924.

5. Senga Tsubo (Sebuah Pot), 1925

Senga Tsubo adalah film pertama yang ditugaskan Departemen Pendidikan kepada Sanae Yamamoto setelah ia mulai bekerja di sana. Film ini menggabungkan kisah "The Fisherman and The Genie" dari The Arabian Nights dengan kisah "The Lion and The Fox" dari The Prince karya Machiavelli.

Ini lho 7 anime tertua yang pernah dibuat, favorit generasi zaman oldSenga Tsubo berdurasi 17 menit dan berwarna hitam dan putih, yang menggunakan balon ucapan dengan cut-out lettering untuk menggambarkan percakapan antar karakter.

4. Kyoikusenga Ubasuteyama, 1925

Ini lho 7 anime tertua yang pernah dibuat, favorit generasi zaman old

Film yang disutradarai oleh Sanae Yamamoto ini berdurasi 18 menit. Film ini menceritakan kisah seorang raja yang tinggal di Provinsi Shinano. Raja tersebut membenci orang tuanya dan mengasingkan mereka ke sebuah pulau. 

3. Kyoikuotogimanga Usagi to kame (Kelinci dan Kura-kura), 1924

Seperti halnya film Senga Tsubo dan Kyoikusenga Ubasuteyama, film ini juga disutradarai oleh Sanae Yamamoto. Film animasi pendek berdurasi enam menit ini menceritakan kisah klasik tentang Kura-kura yang lambat mengalahkan kelinci yang sombong dalam sebuah perlombaan.

Ini lho 7 anime tertua yang pernah dibuat, favorit generasi zaman old

Anime karya Sanae Yamamoto ini menampilkan teknik sederhana yang hanya menggunakan garis dan memiliki latar belakang negara lain, bukan lanskap tradisional yang umum digunakan dalam cerita rakyat Jepang kuno.

2. Urashima Taro, 1918

Urashima Taro adalah salah satu dari dua film yang ditemukan di toko barang antik di Osaka, Jepang pada tahun 2008. Film lainnya adalah Nakamura Gatana.

Ini lho 7 anime tertua yang pernah dibuat, favorit generasi zaman oldAnime karya Seitaro Kitayama ini adalah salah satu contoh paling awal dari anime yang ada. Film ini didasarkan pada cerita rakyat Jepang tentang seorang nelayan yang melakukan perjalanan ke dunia bawah laut di bersama seekor kura-kura.

1. Namakura Gatana (Sebuah Pedang Kusam), 1917

Ini lho 7 anime tertua yang pernah dibuat, favorit generasi zaman old

Namakura Gatana adalah film pendek anime tertua yang ada sejak tahun 1917 hasil karya sutradara Junichi Kouchi. Film ini dianggap hilang sampai akhirnya ditemukan pada tahun 2008. Namakura Gatana adalah salah satu dari tiga karya yang dikreditkan sebagai pelopor film animasi Jepang dan merupakan satu-satunya yang masih ada.

Nah, bagaimana menurutmu? Menarik bukan? Tidak kalah dengan anime yang ada saat ini.

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    100%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red