Berkebun bisa menjadi salah satu hobi yang memiliki banyak manfaat. Manfaat berkebun selain dapat mempercantik hunianmu, juga dapat meningkatkan kualitas hidup. Sadar atau tidak, ternyata berkebun bisa menjadi sebuah olahraga santai yang menyehatkan. Nah, beberapa ini beberapa manfaat berkebun untuk kesehatan.

1. Menurunkan berat badan.

Ketika berkebun kamu akan melakukan banyak gerakan berbeda, seperti menggali tanah, menanam, mencampur pupuk, atau kegiatan lainnya. Banyaknya gerakan yang dilakukan saat berkebun dapat membakar kalori pinggang kamu sekitar 300 kalori per jam. Jumlah kalori yang terbakar ini lebih banyak bila dibandingkan dengan jalan cepat yang hanya membakar 230 kalori per jam.

2. Meningkatkan daya tahan tubuh.

Kemungkinan terpapar bakteri tanah saat berkebun sangat besar. Akan tetapi, ternyata bakteri yang ada di dalam tanah justru dapat meningkatkan daya tahan tubuh serta mencegah alergi.Terkena paparan sinar matahari saat berkebun juga sangat bagus bagi tubuh. Sinar matahari merupakan sumber pembentukan vitamin D. Vitamin D berperan dalam meningkatkan jumlah kalsium yang berfungsi untuk kesehatan tulang dan gigi. Selain itu, ternyata vitamin D juga terlibat dalam pengaktifan sistem imun.

3. Menjaga kesehatan otak.

Mycobacterium vaccae merupakan bakteri yang secara alami ada di tanah. Ketika menggali tanah, seseorang dapat terpapar bakteri ini. Bakteri ini tidak berbahaya, justru dapat meningkatkan pelepasan dan metabolisme serotonin di otak. Serotonin merupakan neurotransmiter yang bertanggung jawab untuk beragam fungsi dalam tubuh. Serotonin berfungsi memengaruhi suasana hati seseorang. Kadar serotonin yang meningkat akan membantu mengurangi depresi.

Berkebun merupakan salah satu aktivitas fisik berintensitas rendah yang dapat melindungi kesehatan kognitif. Sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh Journal of Alzhaimers disease menemukan bahwa risiko terkena Alzheimer dapat dikurangi dengan berbagai aktivitas fisik seperti berkebun.

4. Menurunkan risiko penyakit jantung.

Saat berkebun tubuh akan lebih aktif sehingga membuat peredaran darah menjadi lancar dan meningkatkan kesehatan jantung. Hal ini dapat memperkecil risiko terkena serangan jantung.

5. Meningkatkan mood.

Berinteraksi dengan alam dapat mendorong produksi hormon endorfin. Hormon endorfin merupakan senyawa kimia yang dapat membuat seseorang merasa senang. Dengan berkebun, tingkat stres akan menurun sehingga meningkatkan mood serta menjadi lebih bersemangat dalam menjalani kegiatan apapun.Ketika masa panen tiba, akan menjadi kebahagiaan tersendiri. Karena kamu dapat menikmati hasil panen kebun sendiri dan juga dapat membagikannya kepada saudara atau tetangga.

Selain berpengaruh terhadap kesehatan fisik, ternyata berkebun juga bagus untuk kesehatan mental. Kamu bisa mulai berkebun dari sekarang. Untuk kamu yang tinggal di apartemen atau tidak memiliki lahan cukup, kamu dapat berkebun dengan menggunakan pot. Apalagi saat ini sudah banyak dijual paket berkebun lengkap yang berisi benih, pupuk, media tanam, pot serta petunjuk menanamnya. Sehingga kamu tak perlu repot menyiapkan keperluannya. Menanam jadi lebih mudah karena tinggal menyiramnya saja. Jadi, masih malas untuk mulai berkebun?