×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Ini dia 5 makanan khas Indonesia yang telah mendunia

0

N/A

Ini dia 5 makanan khas Indonesia yang telah mendunia

Indonesia terkenal dengan kulinernya yang khas, beraneka ragam, dan mendunia.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Ilfa Rosidah

15 / 04 / 2019 13:19

Indonesia merupakan negara yang kaya, tidak hanya kekayaan alam saja, Indonesia juga memiliki berbagai macam kuliner yang khas dan tentunya nikmat serta lezat. Setiap daerah di Tanah Air pasti memiliki makanan atau kuliner yang khas dari daerah daerah tersebut. Rempah yang melimpah di Indonesia membuat makanan-makanan Indonesia kaya akan rempah yang menciptakan rasa begitu menggoda. Bahkan, cita rasa rempah yang dihasilkan dari warisan kuliner Nusantara ini tersohor hingga mancanegara. Berikut adalah beberapa makanan khas Indonesia yang telah mendunia, dirangkum dari berbagai sumber (06/04).

1. Rendang.

rendang

Rendang adalah makanan khas Indonesia yang berasal dari Padang, Sumatera Barat. Nikmat dan lezatnya rendang berhasil membuatnya terpilih di posisi paling atas dari 50 makanan terlezat di dunia versi CNN internasional pada tahun 2011. Rendang  dibuat dari daging sapi dengan rasa yang pedas dan menggunakan campuran rempah-rempah asli Indonesia.

Menurut data yang dilansir dari laman asliindonesia.net, rendang bahkan menjadi menu makanan favorit di sebuah hotel di Jerman dalam rangka festival kuliner masakan asli Indonesia. Acara ini diselenggarakan untuk memperingati 60 tahun persahabatan Indonesia-Jerman. Rendang dinobatkan sebagai salah satu makanan khas indonesia yang mendunia.

Loading...

 

2. Soto.

soto

Soto adalah kuliner khas Nusantara berupa hidangan berkuah yang terbuat dari kaldu daging dan sayuran. Ada banyak varian soto yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia, antara lain soto Betawi, coto Makassar, soto ayam, soto sapi, dan soto babat. Setiap varian soto tentunya mempunyai ciri khas yang berbeda dan masing-masing mempunyai cita rasa tersendiri, namun tetap menunjukkan keaslian kuliner Indonesia yang kaya rempah-rempah dan begitu sedap saat disantap.

Seperti yang dilansir dari laman abuelaskitchen.com, tak hanya di Indonesia saja, soto ayam juga ada di sebuah festival makanan di Jepang. Rupanya makanan soto ayam telah menjadi langganan di acara ini. Acara ini sendiri diselenggarakan oleh pelajar Indonesia yang tergabung dalam PPIJ- Komsat Ibaraki. Terbukti dalam acara besar seperti ini soto ayam dapat menjadi makanan yang diterima dengan baik oleh masyarakat Jepang.

 

3. Gado-Gado.

gado gado

Di luar negeri terdapat makanan yang disebut dengan salad. Di Indonesia terdapat gado-gado yang merupakan sebutan saladnya orang Indonesia. Gado-gado termasuk masakan tradisional yang menyehatkan karena didominasi oleh bahan-bahan yang berasal dari sayuran. Dalam satu porsi gado-gado terdapat banyak jenis sayuran yang direbus dan disajikan dengan sambal atau saus kacang yang nantinya akan menjadi bumbu utama untuk sayur-sayuran tersebut.

Seperti yang dilansir dari laman idntimes.com, makanan khas Jawa yang bisa disebut sebagai "saladnya" Indonesia ini cukup terkenal di luar negeri, terutama di Napoli, Italia. Hal ini dikarenakan gado-gado pernah diikutsertakan dalam kompetisi yang bersaing dengan hidangan dari negara-negara lainnya dan meraih juara pertama pada tahun 2010 silam. Terhitung dari nilai estetika yang dimiliki, keunikan bahan yang digunakan, serta cita rasa yang dinilai sangat tinggi.

 

4. Nasi Goreng.

nasi goreng

Nasi goreng adalah makanan berupa nasi yang digoreng bersama kecap dan bumbu lain yang kemudian diaduk-aduk sampai nasi berubah menjadi kecokelatan. Di negara negara lain juga terdapat nasi goreng, akan tetapi nasi goreng asal Indonesia mempunyai ciri khas tersendiri karena olahannya dicampur dengan bumbu dan rempah rempah asli Indonesia.

Bahkan saat presiden Amerika Serikat ke-44, Barack Obama mengunjungi Indonesia, ia sangat terpukau dengan menu kuliner yang satu ini. Inilah bukti bahwa nasi goreng merupakan makanan tradisional Indonesia yang mendunia. Tidak hanya Amerika, ternyata di beberapa ajang festival kuliner Tiongkok, menu yang satu ini menjadi salah satu sajian yang sangat digemari.

 

5. Sate.

sate

Seperti halnya soto, terdapat beberapa varian sate di Indonesia yang beraneka ragam. Contohnya yaitu sate Madura, sate Padang, sate lilit, sate buntel, dan lain lain.

Seperti yang dilansir dari laman abuelaskitchen.com, sebuah bazar internasional yang diselenggarakan di China 2013 silam menjadi bukti sate ayam digemari oleh halayak. Kegiatan ini tidak hanya menyelenggarakan kuliner Indonesia saja, namun yang menjadi sebuah kebanggan adalah sate ayam terjual habis disantap masyarakat setempat.

Tak hanya di bazar saja, sebuah restoran masakan Indonesia mampu bersaing di tengah restoran termahal di New York, Amerika. Dengan menu andalannya sate ayam, restoran Satay Junction mampu menarik warga Amerika. Meski terbilang kecil, restoran ini selalu dipadati oleh warga Amerika yang mencintai makanan khas Indonesia. Selain mampu bertahan, jumlah pengunjungnya pun terus bertamabah.

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red