Mudik adalah perjalanan yang panjang dan menyita tenaga baik emosi ataupun fisik. Oleh karena itu badan perlu asupan gizi yang cukup untuk menyegarkan stamina yang berkurang. Namun, terkadang pemilihan makanan yang kurang tepat malah membuat badan semakin loyo dan mudah mengantuk. Untuk menambah wawasan tentang makanan yang dianjurkan saat mudik, yuk lihat penjelasan berikut ini:

1. Tahu dan tempe

Dilansir dari garisbatas, untuk memenuhi asupan gizi saat mudik diperlukan makanan yang tahan lama dan tentunya menyehatkan. Untuk pecinta tempe dan tahu, dua menu ini bisa menjadi bintang dalam menu mudik karena selain pengolahanya yang super praktis, makanan ini sudah dijamin memenuhi kebutuhan gizi kamu.

2. Rendang

Jika kalian mau menambahkan dagung dalam dafar menu kalian, rendang bisa menjadi pilihan terbaik. Karena selain rasanya yang lezat, rendang merupakan olahan makanan yang cukup tahan lama sehingga rendang sangat cocok sebagai lauk pauk untuk bekal selama mudik.

3. Apel

Buah yang satu ini memang juaranya. Selain bentuknya yang imut, buah apel adalah makanan yang dianjurkan karena banyak mengandung vitamin dan mineral yang dapat menjaga stamina tubuh. Buah apel cukup untuk memberikan karbohidrat yang dapat memberikan energi pada tubuh. Selain kaya manfat, buah apel juga praktis untuk dikonsumsi. Lengkap sekali bukan?

4. Sayuran

Dalam kehidupan sehari-hari memakan sayur-sayuran adalah penting untuk menyuplai berbagai vitamin yang dibutuhkan tubuh. Terlebih untuk perjalanan jauh, sayuran lebih banyak dibutuhkan dari hari biasanya. Menu sayuran dapat dibuat sesuai selera misalnya untuk menu praktis adalah rebusan bayam dan kentang dapat menjadi duet apik untuk menu kamu.

5. Kurma

Buah manis ini adalah buah yang memiliki segudang manfat. Selain untuk kesehatan kurma dapat sebagai alternative dari makanan ringan yang lain seperti snack. Kurma dapat mengenyangkan dalam waktu cukup lama dan efektif untuk menjadi mood booster dalam kelelahan.

6. Air putih

Satu hal penting yang tidak boleh terlupa saat mudik atau bepergian pada umumnya adalah kebutuhan air yang cukup bagi tubuh. Terlebih dalam perjalanan mudik tubuh akan mengalami lebih banyak kekurangan cairan. Maka disarankan untuk meminum banyak air putih, bukan minuman bersoda ataupun yang banyak mengandung gula. Jika ingin lebih bervariasi, air jahe bisa menggantikan air putih. Air jahe dikenal dapat memberi efek hangat bagi tubuh sekaligus memberikan rasa nyaman bagi tubuh yang rentan masuk angin kala perjalanan jauh.

Perjalanan mudik memang melelahkan. Tetapi kita bisa membuat perjalanan tersebut lebih menyenangkan dengan menyiapkan bekal yang benar dari rumah. Selamat mencoba ya!