×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Ini dia 4 kriteria makanan sehat yang harus terpenuhi

0

Kesehatan

Ini dia 4 kriteria makanan sehat yang harus terpenuhi

Makanan sehat merupakan kunci utama agar kesehatan tubuh terjaga serta terhindar dari berbagai macam penyakit.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Dadang Supena

23 / 09 / 2019 12:36

Makanan sehat sering kali diabaikan karena dianggap tidak memiliki cita rasa yang lezat. Namun sebenarnya ada banyak jenis makanan sehat yang lezat dan nikmat dikonsumsi. Meskipun begitu, kebanyakan orang lebih menyukai makanan yang dianggap lezat saja tanpa memperhatikan gizi dan nutrisi yang terkandung di dalamnya. Padahal, mengonsumsi makanan sehat tentunya akan berdampak baik bagi kesehatan dan dapat menjauhkan tubuh dari ancaman penyakit-penyakit berbahaya.

kriteria-makanan-sehat

Sumber: https://rheumapas.com/

Mengonsumsi makanan sehat tidak harus terpaku pada satu atau beberapa jenis makanan saja. Pasalnya, mengonsumsi berbagai jenis makanan justru dapat memberikan nutrisi yang berbeda-beda sehingga dapat melengkapi kebutuhan gizi secara menyeluruh.

Makanan sehat sendiri umumnya mencakup berbagai macam nutrisi dalam jumlah yang memadai, termasuk vitamin dan mineral. Berikut ini kriteria makanan sehat yang perlu kamu ketahui.

Loading...

1. Bergizi.

Makanan yang termasuk kedalam kriteria makanan sehat harus dapat memenuhi kebutuhan gizi tubuh seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan serat. Jenis karbohidrat yang paling disarankan adalah karbohidrat kompleks. Pasalnya, jenis karbohidrat ini akan lebih lama dicerna sehingga membuat gula darah tetap stabil. Selain itu, karbohidrat kompleks dapat memberikan efek kenyang yang lebih lama, sehingga cocok bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan.

Contoh makanan yang mengandung karbohidrat kompleks adalah beras merah, oatmeal, kentang, singkong, ubi, talas, dan gandum utuh. Sementara itu, makanan yang mengandung karbohidrat sederhana antara lain adalah nasi putih dan roti putih.

2. Berimbang.

Selain bergizi, makanan sehat yang dikonsumsi pun harus beragam. Misalnya, dalam piring makan anak usia 5 sampai 10 tahun setidaknya tersedia 50% karbohidrat, 30% protein, dan sisanya dilengkapi dengan vitamin, mineral, serat, dan juga lemak baik. Lemak baik adalah lemak yang terdapat langsung pada makanan seperti lemak yang terdapat pada buah alpukat atau kacang-kacangan. Sementara lemak hasil olahan seperti yang terdapat pada gorengan tidak disarankan.

3. Beragam.

Kamu juga perlu menikmati makanan sehat yang beragam. Jika hari ini kamu mengonsumsi nasi dengan daging ayam dan sayur bayam, maka besoknya kamu perlu mengganti menunya dengan yang lain. Hal ini disebabkan karena semakin banyak ragam makanan sehat yang dikonsumsi, maka jumlah zat gizi yang diserap oleh tubuh pun semakin beragam.

Selain itu akan lebih baik jika kamu tidak bergantung pada nasi saja. Pasalnya, karbohidrat tidak hanya terdapat pada nasi. Jadi, kamu dapat mengganti nasi dengan makanan berkarbohidrat lainnya seperti kentang, ubi, talas, dan juga singkong. Namun, kamu juga perlu memerhatikan teknik memasak makanan tersebut. Akan lebih baik jika kamu memasaknya dengan cara dikukus, direbus, atau dipanggang daripada digoreng.

4. Bersih.

Prinsip kebersihan secara umum juga perlu diterapkan dalam konsumsi makanan sehat. Pastikan untuk mencuci tangan sebelum makan dan juga sebelum mengolah makanan. Selain itu, bahan makanan dan peralatan memasak juga harus dicuci hingga benar-benaar bersih.

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red