Cowok ditakdirkan sebagai pemimpin ketika sudah berkeluarga nanti. Menjadi seorang ayah dan suami kelak nanti akan menjadi sebuah tantangan tersendiri. Tidak hanya itu, cowok pun harus memiliki life skill untuk menghadapi kerasnya hidup.

Berikut 10 life skill yang wajib dikuasai oleh para cowok:

1. Memasak

10 Keterampilan hidup yang wajib dikuasai cowok, salah satunya masak!

Chef via lagunabeachmagazine

Kini memasak bukanlah pekerjaan cewek semata, cowok pun harus bisa. Gak lucu kan seandainya jika nanti kamu masih bergantung sama mama perihal masak-memasak ini? Kamu dituntut untuk mandiri sejak dini, salah satunya bisa memasak sendiri.

Jangan malu untuk belajar memasak, kamu bisa belajar dari youtube, ibu, nenek atau bibimu.Minimal kamu bisa memasak telur mata sapi, nasi goreng atau makanan sederhana lainnya.

2. Bela Diri

10 Keterampilan hidup yang wajib dikuasai cowok, salah satunya masak!

Bela Diri via maxpixel

Kelak, kamu akan memiliki tanggung jawab untuk melindungi keluargamu (istri dan anak-anakmu) dari ancaman bahaya. Berani saja mungkin tidak cukup, kamu pun harus menguasai salah satu bela diri.

Jika seandainya kamu memiliki badan yang tinggi, mungkin Taekwondo bisa menjadi pilihanmu karena bela diri ini didominasi oleh serangan menggunakan kaki. Jika kamu pendek, mungkin Muay Thai (Thai Boxing) bisa menjadi pilihanmu atau bela diri lainnya, seperti Pencak Silat, Capoeira, Gulat, Kempo, dsb.

3.Grooming

10 Keterampilan hidup yang wajib dikuasai cowok, salah satunya masak!

Grooming viaesquiremensgrooming

Kata siapa grooming hanya untuk cewek saja, cowok pun musti bisa melakukan grooming terhadap diri sendirinya. Penampilan kece sebagai first impression orang lain terhadapmu akan membuat dirimu semakin percaya diri.

Kamu harus tahu bagaimana cara mencukur kumis atau jenggotmu? Cara merawat rambut agar tidak rontok, memilih parfum yang sesuai, memilih pembersih muka yang cocok dengan jenis kulitmu, menggunakan deodoran, dll.

4. Driving

10 Keterampilan hidup yang wajib dikuasai cowok, salah satunya masak!

Driving via ew.com

Ya, skill untuk mengendarai kendaraan (mobil/motor) ini wajib kamu kuasai. Bagaimana seandainya jika orangtuamu sakit parah atau istrimu akan melahirkan? Kamu tidak bisa menunggu lama taksi atau ambulance datang ke rumahmu.

Kamu harus menguasai skill ini jika terjadi keadaan darurat. Kamu bisa mulai belajar dari mengendarai sepeda, lalu motor dan kemudian mobil. Perlahan namun pasti, kamu akan menguasainya.

5. Komputer

10 Keterampilan hidup yang wajib dikuasai cowok, salah satunya masak!

Komputer via careeraddict

Apakah kamu seorang yang gaptek (gagap teknologi)? Khususnya dalam hal menggunakan komputer. Jika iya, maka hal tersebut akan menjadi penghambatmu dalam meraih kesuksesan karena saat ini segalanya serba terkomputerisasi.

Kamu tidak boleh tertinggal, kamu harus menyesuaikan zaman. Minimal kamu bisa mengoperasikan komputer, menulis di Microsoft Word atau mengirim email.

6. Bahasa Asing

10 Keterampilan hidup yang wajib dikuasai cowok, salah satunya masak!

Bahasa Asing via blog reservasi

Jangan sampai kamu nanti gagap saat ditanyai oleh seorang bule atau saat nanti kamu berplesir ke luar negeri. Kamu tidak perlu belajar bahasa Perancis agar terdengar romantis, kamu cukup belajar percakapan menggunakan bahasa Inggris sehari-sehari.

Saat ini, bahasa Inggris masih menjadi bahasa dominan yang sering digunakan oleh negara-negara di dunia (internasional).

7. Fix It

10 Keterampilan hidup yang wajib dikuasai cowok, salah satunya masak!

Fix It via prokal

Mungkin terdengar berlebihan jika kamu harus bisa memperbaiki sesuatu, tapi bukan berarti kamu harus bisa memperbaiki segalanya. Tidak harus begitu, masih ada tukang yang bisa kamu panggil untuk membantumu.

Namun, minimal kamu bisa mengganti bola lampu yang mati, mengganti ban serep, atau merakit kembali mainan gunpla anakmu kelak nanti, dll.

8. Berenang

10 Keterampilan hidup yang wajib dikuasai cowok, salah satunya masak!

Berenang via harnas

Ya, berenang adalah skill yang wajib kamu kuasai. Tidak harus semua gaya kamu kuasai, namun kamu cukup untuk fokus pada satu gaya saja, semisal gaya bebas. Skill ini berguna jika nanti menghadi situasi darurat seperti banjir, kapal feri yang karam, menyelamatkan keluarga atau orang lain saat tenggelam, dll.

9. Attitude

10 Keterampilan hidup yang wajib dikuasai cowok, salah satunya masak! Attitude viac-sharpcorner

Sikap gentlemen atau hormat terhadap sesama, tua maupun muda harus kamu miliki. Kamu harus memiliki good attitude ketika bertamu ke rumah calon mertua atau temanmu, kamu pun harus memiliki sikap profesional saat bekerja, memahami table manner saat di restoran, berpikiran terbuka (open-minded), menghormati alam, sopan saat berkomentar di social media, tidak merendahkan orang lain, bisa mengendalikan emosi saat marah, dll.

10. Pembukuan

10 Keterampilan hidup yang wajib dikuasai cowok, salah satunya masak!

Pembukuan viaHealthable

Sebelum berkeluarga, pasti kamu pernah membujang dan harus membiaya dirimu sendiri. Kamu pun harus memahami akuntansi dasar, mengetahui tentang debit dan kredit atau memahami perbedaan antara utang dan piutang. Tidak harus lulusan akuntansi, kamu cukup memahami akuntansi dasar dengan membuat pembukuan sederhana untuk mengatur pemasukan dan pengeluaranmu.

Selain itu, kelak Tidak hanya istri saja yang harus mengatur keuangan keluarga. Kamu sebagai penafkah keluarga pun harus membantu masalah finansial keluarga bersama istrimu.

Bagaimana list dari life skill di atas? Apakah ada yang sudah kamu pelajari atau mungkin belum kamu kuasai? Silakan berikan komentarmu di bawah. Jika kamu merasa artikel ini bermanfaat, jangan sungkan untuk share ke social media-mu. Terima kasih.