×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Ini ciri-ciri hernia pada bayi dan cara menanganinya

0

Bayi

Ini ciri-ciri hernia pada bayi dan cara menanganinya

Ilustrasi bayi/ Foto: Cheryl Holt dari Pixabay

Hernia juga bisa terjadi pada anak kecil, bahkan pada bayi yang baru lair.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Erina Eshal

09 / 10 / 2019 15:17

Hernia yaitu kondisi di mana ada bagian organ tertentu yang menonjol keluar. Tonjolan tersebut dapat terjadi karena otot-otot yang berada di sekitar organ tersebut mengalami ketidaksempurnaan sehingga akhirnya organ tersebut tidak berada sesuai dengan tempatnya.

Setiap orang bisa saja terkena hernia, termasuk bayi. Bahkan bayi yang baru lahir pun dapat terkena hernia. Orang dewasa bila terkena hernia pasti bisa mengetahuinya sendiri. Namun jika seorang anak kecil atau bayi, tentunya belum bisa berbicara dan memerlukan bantuan orang dewasa sekitarnya untuk mendeteksi hernia dan menanganinya.

Maka dari itu sebagai orang tua harus tahu ciri-ciri jika anakmu terkena hernia. Walaupun penyakit ini umumnya tidak membahayakan, namun jika tidak ditanggulangi bisa berdampak buruk. Jadi harus dapat dideteksi sedini mungkin.

Hernia terbagi menjadi lima jenis, di antaranya hernia umbilikalis, hernia inguinalis, hernia epigastrik, hernia insisional, dan hernia hiatal. Tapi kamu cukup tahu dua jenis hernia saja, yakni hernia umbilikalis dan hernia inguinalis sebab jenis inilah yang umum terjadi pada anak kecil.

1. Ciri hernia umbilikalis.

Loading...

Hernia umbilikalis yaitu adanya penonjolan sebagian usus ke area perut dekat pusar. Hernia umblikalis biasanya terjadi bayi yang lahir prematur. Atau dapat juga disebabkan oleh tekanan yang terlalu keras di bagian perut. Jika pada bayi hernia akan muncul saat bayi menangis yang menyebabkan pusar bayi menonjol keluar.

2. Ciri hernia inguinalis.

Hernia inguinalis disebabkan oleh sebagian usus yang menjulur dari rongga perut bawah dan mencuat ke daerah sekitar alat kelamin. Umumnya jenis ini menyerang pada bayi laiki-laki, terutama yang lahir prematur.

Jika terjadi pada laki-laki maka akan terlihat benjolan pada buah zakarnya yang cukup keras. Sedang pada perempuan akan nampak tonjolan berbentuk persegi di selangkangannya.

Cara menangani hernia.

Apabila terlihat adanya gejala atau ciri hernia terjadi pada anak, segeralah membawanya ke rumah sakit agar dapat memastikan apakah itu benjolan hernia atau bukan.

Untuk henia umbilikalis umumnya dapat menghilang dengan sendirinya setelah bayi berumur 1-2 tahun, tapi ada juga yang lebih dari itu. Namun operasi juga bisa menjadi pertimbangan jika benjolan tak kunjung hilang dan menyebabkan nyeri, bengkak, dan teksturnya mengeras. Sedangkan hernia inguinalis harus selalu dihilangkan melalui jalan operasi.

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red