×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Ini alasan pentingnya mengelola keuangan bagi pemilik bisnis

0

Ekonomi

Ini alasan pentingnya mengelola keuangan bagi pemilik bisnis

Foto: Oleg Magni from Pexels

Banyak pemilik bisnis yang tidak memahami keuangan mereka sendiri dan tidak tahu produk atau layanan apa yang menghasilkan keuntungan terbanyak.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Fendi Saputra, SE., MM.

22 / 05 / 2021 18:55

Pemilik bisnis sering kali tidak memiliki pengetahuan tentang akuntansi dan manajemen keuangan. Tetapi mereka perlu mengatur keuangan bisnisnya dengan baik dan benar. Kurangnya pengetahuan tentang keuangan adalah sebuah kesalahan dan sangat berbahaya. Banyak pemilik bisnis yang tidak memahami keuangan mereka sendiri, dan tidak tahu produk atau layanan apa yang menghasilkan keuntungan paling banyak.

Mengapa pemilik bisnis harus mengetahui keuangan? Apakah keuangan hanyalah dari pendapatan dan pengeluaran, serta keuntungan dan kerugian? Di sini kita akan melihat mengapa penting untuk mengetahui keuangan sebagai pemilik bisnis.

Mengelola keuangan dengan benar salah satu tanggung jawab terpenting dari pemilik bisnis. Pemilik bisnis harus mempertimbangkan konsekuensi apa yang terjadi terhadap keuntungan, arus kas, dan kondisi keuangan suatu bisnis dari suatu keputusan yang telah dipilih. Aktivitas-aktivitas bisnis memiliki dampak pada kinerja keuangan, maka pemilik bisnis atau manajer keuangan harus bisa mengevaluasi dan mengendalikan aktivitas suatu bisnis. Maka dari itu ada aktivitas bisnis yang memiliki nilai tambah bagi bisnis ada pula aktivitas bisnis yang tidak memiliki nilai tambah, pemilik bisnis harus cermat dan teliti sehingga bisnis dapat berjalan dengan efisien dan efektif.

Sebagian besar bisnis mengalami kerugian dan arus kas mengalami defisit selama periode awal. Manajemen keuangan sangat penting pada saat ini. Pemilik bisnis atau manajer keuangan harus memastikan bahwa mereka memiliki cukup uang untuk membayar karyawan dan pemasok/supplier atau bahan baku meskipun mereka mengalami uang yang keluar lebih banyak daripada uang yang masuk/diterima. Hal ini berarti pemilik atau manajer keuangan harus membuat proyeksi keuangan ke depan sehingga mereka tahu berapa banyak modal/uang yang dibutuhkan untuk mendanai bisnis hingga mencapai profit/untung.

Saat sebuah bisnis mulai tumbuh, pastinya akan membutuhkan lebih banyak uang untuk membiayai pertumbuhannya. Perencanaan dan penganggaran sangat penting. Memutuskan apakah akan mendanai ekspansi bisnis secara internal/mandiri atau meminjam dari eksternal/pihak luar hal ini merupakan keputusan penting yang harus dibuat oleh pemilik bisnis atau manajer keuangan. Manajemen keuangan dalam bisnis harus menemukan sumber dana yang tepat dengan biaya terendah, mengendalikan biaya modal bisnis dan tidak membiarkan neraca bisnis menjadi timpang dengan hutang besar akan bisa berdampak buruk jika hutang tidak kelola dengan baik sehingga bisnis tidak dipercaya oleh pemberi pinjaman.

Loading...

*Oleh: Fendi Saputra SE., MM., Dosen Muda Prodi Manajemen Universitas Pembangunan Jaya





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red