×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Ini alasan Nintendo mempertahankan Friend Code 'ribet' miliknya

0

Gadget

Ini alasan Nintendo mempertahankan Friend Code 'ribet' miliknya

Berbeda dengan PS4, XBOne atau Steam yang punya akun identitas online berupa deretan alfabet & kadang angka, pemilik Switch menggunakan 12 angka.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Harry Rezqiano

12 / 05 / 2020 17:05

Di era serba terkoneksi lewat jaringan internet seperti sekarang, seseorang biasanya memiliki identitas online mereka sendiri di luar identitas asli yang digunakan di dunia nyata. Jika kamu memiliki nama asli 'Azelin' misalnya. Kamu bisa tetap menggunakan nama itu sebagai identitas online tapi tentu saja kamu bisa menukarnya dengan nama lain, misalnya 'Lola'. Alasannya? Untuk diferensiasi antara kehidupan nyata dengan dunia maya, menutupi identitas asli agar tidak dikenali di internet, atau berbagai alasan lain bersifat pribadi. Intinya, seseorang dapat dan biasanya memiliki identitas online yang sering kali terpisah dari identitas asli di dunia nyata.

Di dunia video game juga demikian. Jika kamu termasuk gamers mulai era awal-awal terkoneksinya konsol video game melalui internet secara masif (PlayStation 3 / XBOX 360 / Steam PC), adalah sebuah keniscayaan kalau kamu memiliki setidaknya satu identitas online. Identitas online ini biasanya disebut sebagai Username. Atau User ID dan beberapa istilah lain yang merujuk pada identitas digital seseorang di internet lewat perangkat gaming. Guna dari identitas online ini jelas, sebagai penanda identitas kamu di antara pemain-pemain lain sehingga mudah dikenali dan bisa saling mengenali.

Kamu yang pemain konsol Sony PlayStation 3 atau PS4 pasti punya PSN ID. Demikian pula gamers Xbox 360 dan Xbox One. PC gamer pengguna Steam punya identitas online juga seperti konsol gaming.

Ini alasan Nintendo mempertahankan Friend Code 'ribet' miliknya

PlayStation PSN ID (Sumber gambar: Press Start Australia)

Loading...

Ketiganya punya persamaan di bagian ini, yaitu identitas online-nya berupa alfabet. Kadang dibarengi dengan angka juga. Tapi pada prinsipnya, identitas online untuk ekosistem Sony PlayStation, Microsoft Xbox dan Steam PC memiliki karakter serupa. Yaitu berupa huruf/alfabet dengan tambahan angka/numerik.

Ini alasan Nintendo mempertahankan Friend Code 'ribet' miliknya

Xbox Dashboard (Sumber gambar: Xbox.Com)

Tapi Nintendo tidak mengikuti pakem baku tersebut untuk identitas online ekosistem mereka. Dan hal ini dimulai sejak generasi Nintendo DS dan Nintendo Wii. Nintendo menggunakan apa yang mereka sebut sebagai 'Friend Code'.

Ini alasan Nintendo mempertahankan Friend Code 'ribet' miliknya

Nintendo Friend Code (Sumber gambar: Tumblr)

Friend Code berfungsi serupa seperti yang dipakai Sony dan Microsoft maupun Steam, yaitu identitas online. Tapi Nintendo hanya menggunakan deretan angka/numerik. Tidak alfabet. Friend Code dari Nintendo merupakan deretan 12 digit angka dan itulah yang jadi identitas gamers Nintendo selama ini. Jadi jika gamers Sony memiliki identitas online seperti 'Rezqiano-INA' misalnya, maka pemilik konsol dan handheld Nintendo akan memakai identitas online seperti '3012-5642-9042'.

Ini alasan Nintendo mempertahankan Friend Code 'ribet' miliknya

Nintendo Dashboard (Sumber gambar: Gaming Debates)

Aneh? Mungkin. Terutama untuk gamers Sony, Microsoft dan Steam yang memiliki identitas online mudah diingat. Apalagi Friend Code Nintendo tidak dapat dipilih karena akan diberikan secara acak/random generated oleh server Nintendo. Sehingga makin menambah keanehan dari identitas online untuk gamers Nintendo itu sendiri.

Walau memang berkesan aneh, tidak praktis, dan ribet, Nintendo meyakini hal ini sebagai yang terbaik diterapkan untuk ekosistem mereka. Secara resmi Nintendo memang tidak menjelaskan pada publik alasan penggunaan Friend Code secara alfanumerik (dan bukan alfabet) tapi dari bocoran data Powerpoint presentasi Nintendo Wii yang kini beredar di internet dijelaskan alasan di balik keputusan itu. Alasannya adalah untuk memastikan kalau gamers Nintendo memiliki kepastian dapat bermain online hanya dengan teman/orang yang benar-benar diinginkan. Orang asing/random tidak dapat bergabung bersama tanpa persetujuan.

Ini alasan Nintendo mempertahankan Friend Code 'ribet' miliknya

(Sumber gambar: Tom's Guide)

Sehingga, menurut Nintendo, teknik Friend Code akan lebih menyaring permintaan join/friend karena kecil kemungkinan satu Friend Code dimiliki dua orang berbeda. Juga menurut mereka, username alfabet bisa mirip satu sama lain sehingga potensial bermasalah (contoh: John0123 dengan John.0123 akan terlihat sebagai orang yang sama, sementara itu merupakan dua identitas online berbeda).

Belakangan Nintendo memang sedikit melunak dengan mengizinkan gamers mereka meng-add teman bermain melalui media sosial seperti Facebook atau Twitter. Tapi metode Friend Code 12-digit random masih merupakan pilihan primer gamers Nintendo jika ingin dikenali dalam ekosistem Nintendo sejak era DS dan Wii lebih dari satu dekade lalu.

Apakah menurut kamu ide Friend Code Nintendo merupakan ide merepotkan? Menurut saya memang merepotkan, namun saya mengerti alasan di balik metode aneh itu. Kadang keamanan akan menyebabkan ketidakpraktisan, dan melihat ekosistem Nintendo yang lebih family friendly ketimbang pesaingnya seperti Sony dan Microsoft rasanya Nintendo masih akan mempertahankan Friend Code untuk jangka waktu lama.






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red