×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Ini 6 manfaat yang didapat jika mengikuti ajang olimpiade sains

0

Life

Ini 6 manfaat yang didapat jika mengikuti ajang olimpiade sains

Bermanfaat banget buat masa depan kelak.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Nuraina Fika Lubis

17 / 09 / 2019 14:20

Bagi siswa dan mahasiswa, kamu pasti tidak asing lagi mendengar kata olimpiade sains. Olimpiade ini merupakan kompetisi untuk menguji wawasan sains para siswa dan mahasiswa. Biasanya, ajang ini diadakan oleh departemen pendidikan atau lembaga-lembaga pendidikan. Buat kamu yang pernah mengikuti ajang ini, pasti kamu merasakan banyak manfaatnya. Penasaran, kan? Yuk cari tahu dari list di bawah ini!

1. Mampu menyelesaikan soal yang sangat sulit.

Ini 6 manfaat yang didapat jika mengikuti ajang olimpiade sains

Source: https://www.japantimes.co.jp

Soal-soal olimpiade dibuat dengan level yang sangat sulit. Kebanyakan dari soal-soal tersebut dibuat untuk level di atas jenjang pendidikanmu. Misalnya, ketika kamu mengikuti olimpiade sains tingkat SMA, maka kamu akan menghadapi soal-soal yang setara dengan level universitas. Jika kamu terbiasa menyelesaikan soal-soal tersebut, maka kamu bisa menyelesaikan soal sulit yang biasa diberikan kepadamu.

Loading...

2. Menjadi problem solving permasalahan yang berkaitan dengan sains.

Ini 6 manfaat yang didapat jika mengikuti ajang olimpiade sains

Source: https://www.businessinsider.com

Sering kali di ajang olimpiade sains, ada kompetisi eksperimen dan karya ilmiah. Dalam kompetisi eksperimen, kamu harus mengaitkan eksperimen yang kamu lakukan dengan kejadian yang terjadi di alam semesta. Sedangkan dalam kompetisi karya ilmiah, kamu harus membuat tulisan tentang penyelesaian masalah yang ada di sekitarmu. Tujuan adanya bagian kompetisi ini adalah untuk menguji kemampuanmu menyelesaikan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan sains.

3. Menjadi nilai tambah ketika masuk universitas dan seleksi beasiswa.

Ini 6 manfaat yang didapat jika mengikuti ajang olimpiade sains

Source: https://news.abs-cbn.com

Sering kali universitas di Indonesia maupun luar negeri membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur prestasi. Jalur penerimaan tersebut mencakup pelamar yang memenangkan olimpiade sains. Dalam seleksi beasiswa pun demikian. Lembaga pemberi beasiswa lebih memprioritaskan pelamar yang menang dalam olimpiade sains, apalagi menjadi pemenang dalam tingkat internasional.

4. Melatih keuletan dan kegigihanmu.

Ini 6 manfaat yang didapat jika mengikuti ajang olimpiade sains

Source: https://www.birminghammail.co.uk

Menyelesaikan soal yang rumit membutuhkan ketelatenan dan kesabaran. Kamu harus banyak mencari referensi dan berlatih menyelesaikannya secara terus-menerus. Jika melakukannya secara rutin, kamu pun dapat menyelesaikan soal-soal tersebut dengan cepat dan tepat. Sikap telaten, ulet, dan sabar inilah yang menjadi modalmu menjadi pemenang olimpiade sains.

5. Meningkatkan jiwa bersaingmu.

Ini 6 manfaat yang didapat jika mengikuti ajang olimpiade sains

Source: https://www.aacc.edu

Ketika mengikuti olimpiade sains, kamu akan bersaing dengan peserta lainnya untuk menjadi pemenang. Melalui ajang tersebut jiwa persainganmu akan meningkat. Jiwa persaingan ini juga dibutuhkan ketika kamu akan menghadapi tes masuk perguruan tinggi, tes beasiswa, tes pekerjaan, maupun tes lainnya. 

6. Bisa menjadi mentor olimpiade sains.

Ini 6 manfaat yang didapat jika mengikuti ajang olimpiade sains

Source: http://www2.port.ac.uk

Pengalamanmu mengikuti dan memenangkan olimpiade sains ini perlu diapresiasi. Kamu bisa menjadi mentor olimpiade sains untuk adik-adik kelasmu maupun siswa-siswa sekolah. Selain materi, kamu pun dapat menceritakan pengalamanmu mengikuti ajang tersebut serta memberi tips dan trik untuk memenangkan olimpiade sains. Pekerjaan ini layak kamu pertimbangkan karena penguasaan materi olimpiade kamu lebih baik daripada yang belum mengikuti ajang ini.

Nah, itulah dampak-dampak positif ketika kamu mengikuti olimpiade sains. Setelah membaca list di atas, apa kamu tertarik mengikuti ajang ini dan memenangkannya?

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red