×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Ini 5 fakta mengenai kopi yang perlu kamu ketahui

0

N/A

Ini 5 fakta mengenai kopi yang perlu kamu ketahui

Di antaranya, kopi bisa mencegah kepikunan lho.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Intan Esty

28 / 01 / 2019 11:33

Coffee shop menjamur. Didatangi mulai dari penyuka kopi sejati hingga orang-orang yang cuma tak ingin ketinggalan tren. Selama belum bisa posting foto secangkir kopi di kedai kopi ternama, rasa-rasanya belum sempurna hidup ini. Begitulah kira-kira.

Ini 5 fakta mengenai kopi yang perlu kamu ketahui

Kopi sendiri banyak disuka lantaran aroma wangi yang menyenangkan, juga pahit khas dari cita rasanya yang menggoda. Meski beberapa coffee lover ada yang sudah mengerti seluk beluk kopi, mulai dari proses panen hingga menjadi secangkir sajian menggoda, namun ada beberapa fakta kopi yang masih segelintir saja yang tahu. Apa itu? Simak berikut ini.

1. Aroma kopi menjadi alarm alami.

Susah bangun pagi? Suruh saja adik atau kakak mengiming-imingi secangkir kopi di dekat cuping hidungmu. Menurut survey, aroma kopi wangi yang tajam lebih efektif membangunkan seseorang ketimbang suara alarm yang berdering-dering.

Loading...

 

2. Jam efektif kopi.

 

Ini 5 fakta mengenai kopi yang perlu kamu ketahui

Jika ingin mengambil manfaat dari kopi, kamu seharusnya tahu jam-jam di mana kopi bekerja paling efektif di tubuhmu. Karena di saat tubuh sudah terjaga penuh dan energi melimpah, tubuh tak lagi membutuhkan kafein untuk mendongkrak stamina. Hal ini lantaran tubuh sendiri memproduksi hormon kortisol yang tugasnya tak beda dengan kafein.

Nah, jadi kapan waktu yang tepat untuk menyesap kopi? Menurut penelitian, waktu yang tepat untuk menyerap kafein adalah di antara pukul 09.30 hingga 11.30 pagi.

 

3. Penemu kopi adalah kambing.

Siapa penemu kopi? Ternyata bukan manusia, melainkan kambing. Di tanah Ethiopia sana, dulu peternak kambing terheran-heran kenapa ketika menggembalakan ternaknya di antara tanaman-tanaman kopi ada yang lantas jadi berbeda dengan tingkah kawanan kambingnya. Si ternak kaki empat jadi energik, berlarian kesana kemari seperti menari. Setelah diamati, si peternak baru menyadari bahwa kambing-kambingnya selalu jadi energik setiap kali mengunyah biji-bijian kopi segar.

 

4. Kopi mencegah pikun.

Kamu takut terkena alzheimer atau demensia? Kedua penyakit ini memang mengerikan. Bayangkan saja kamu bertambah tua dan terserang pikun. Bahkan di alzheimer yang parah, seseorang akan total kehilangan memori otaknya. Ngeri kan?

Nah jika kamu takut, segeralah jadi pencinta kopi mulai dari sekarang. Karena menurut penelitian, orang yang rutin mengonsumsi kopi memiliki peluang 65% terbebas dari demensia atau kepikunan di masa tuanya.

 

5. Es kopi selalau lebih mahal dari racikan kopi panas.

Ini 5 fakta mengenai kopi yang perlu kamu ketahui

Hal ini bukanlah mitos. Berkelilinglah dari kedai kopi satu ke kedai kopi lain pasti akan kamu dapati hal senada. Racikan es kopi jauh lebih mahal lantaran memiliki bahan dan piranti yang lebih komplek dibanding racikan kopi hangat. Mulai dari plastic cup, double brewing, pembuatan es batu yang butuh listrik, ekstra serbet, dan lain sebagainya. Biaya semuanya itu ditotal dan menghasilkan nilai uang yang lebih tinggi daripada produksi kopi panas biasa.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red