GERD (Gastro-oesophageal reflux disease) atau lebih dikenal dengan penyakit asam lambung adalah kondisi di mana seseorang mengalami rasa asam di mulut, batuk, suara serak, sakit tenggorokan, dada terasa panas, sulit menelan, dan merasa tersedak oleh makanan pada kerongkongan. Kondisi ini terjadi karena meningkatnya produksi asam lambung yang kemudian naik dan mengalir ke sepanjang kerongkongan.

Ini 5 bahaya penyakit GERD jika tidak segera ditangani

Sumber: https://kapsulmetama.com/

Sebetulnya, asam lambung ini adalah bahan alami berupa cairan yang terdapat dalam tubuh yang berfungsi untuk membantu melancarkan proses pencernaan. Seperti menyerap nutrisi, vitamin, kalsium, sampai membunuh bakteri yang masuk bersama makanan.

Memang cairan asam lambung bisa membantu melancarkan pencernaan, itupun kalau dalam kadar yang pas. Namun jika pada tubuh terlalu banyak memproduksi cairan asam lambung, dampaknya bisa menimbulkan gejala-gejala seperti yang telah disebutkan di atas tadi.

Cairan asam lambung ini mengandung asam klorida sehingga sangatlah asam dan jika lama kelamaan terus dibiarkan, dinding lambung akan terkikis. Selain itu bahaya asam lambung jika dibiarkan bisa memicu penyakit lainnya yang bisa menyerang kondisi kesehatanmu seperti berikut ini.

1. Merusak gigi.

Ketika asam lambung sudah naik ke kerongkongan dan mulut, lama-kelamaan bisa merusak kesehatan gigimu. Cairan ini begitu kuat sampai lapisan gigi yang paling keras pun dapat dengan mudahnya hancur dengan cairan tersebut. Banyak orang yang mengalami kerusakan pada gigi, namun ia tidak tidak sadar bahwa itu diakibatkan oleh asam lambung.

2. Masalah pernapasan.

Apakah kamu memiliki masalah pada pernapasan, baik itu sesak nafas, asma, atau kesulitan bernapas? Berhatihatilah sebab itu bisa jadi diakibatkan oleh GERD karena jika cairan asam lambung terhisap saat bernapas, maka bisa mengakibatkan sesak napas.

3. Radang pada kerongkongan.

Bahaya asam lambung juga bisa memengaruhi kesehatan kerongkongan. Cairan asam lambung yang naik ke kerongkongan bisa membuat lapisan kerongkongan teriritasi dan membengkak, sehingga kamu akan kesulitan keika menelan. Jangankan untuk menelan makanan, menelan ludah sendiri pun akan terasa sakit.

4. Heartburn.

Heartburn adalah kondisi di mana bagian ulu hati terasa nyeri dan perih. Kondisi ini bisa bertambah parah bila ketika kita berbaring atau menjelang tidur. Memang ini gejala yang tidak perlu dikhawatirkan, dan masih bisa diangani dengan obat-obatan atau menghindari makan tertentu yang menyebabkan asam lambung naik. Namun, tetap saja bisa mengganggu aktivitas kamu.

5. Kanker kerongkongan.

Ini merupakan bahaya dari GERD yang sangat serius. Penderita GERD setidaknya memiliki risiko lebih besar untuk terkena penyakit kanker tenggorokan jika asam lambung tidak diobati secepatnya. Bila kamu mengalami penurunan berat badan secara drastis dan sulit menelan, segeralah untuk mendapatkan pertolongan medis karena itu merupakan tanda-tanda dari kanker tenggorokan.

Nampak mengerikan sekali kan bahaya dari GERD? Jika kamu mengalami permasalahan pada kesehatan lambung, sebaiknya segera diobati dan jangan terlalu lama dibiarkan.