×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Ini 4 tips tepat untuk memulai bisnis secara online

0

N/A

Ini 4 tips tepat untuk memulai bisnis secara online

Sebelum memutuskan memulai bisnis online, perhatikan 4 tips berikut ini.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

DGC Story

25 / 03 / 2019 12:32

Memulai bisnis secara online menjadi hal yang banyak dilakukan orang saat mulai berbisnis. Namun agar kamu sukses membangun bisnis secara online, ada tips penting yang harus diketahui. Sebab sebagai seorang pebisnis pasti harus mempunyai kiat-kiat atau tips yang dapat membantu atau meringankan bisnis mereka agar lancar tanpa adanya kendala.

Apakah kamu paham dengan berbisnis secara online? Jika tidak maka kali ini akan penulis akan mengungkap semua tentang beberapa tips yang tepat dalam memulai berbisnis secara online.
Bisnis dengan menggunakan sistem online memang tidak bisa dibilang mudah, sebab dengan kurangnya pengetahuan kamu tentang teknologi, pastinya hal tersebut dapat menghambatmu untuk mulai berbisnis secara online. Banyak orang menyerah untuk berbisnis dengan sistem online karena tidak menerapkan strategi ataupun tips yang dapat membantunya.

Hal tersebut pastinya merugikan kamu sendiri, sebab pada dasarnya dalam menjalankan bisnis apapun, dalam online maupun offline pasti memerlukan sebuah strategi dan tips khusus untuk membantunya. Jika hal tersebut tidak ada sama sekali pastinya dapat membuat bisnis yang kamu jalankan tidak berlangsung cukup lama, dan alhasil justru kebangkrutan yang diperoleh.

Ini 4 tips tepat untuk memulai bisnis secara online

 

Loading...

Pada zaman sekarang berbisnis dengan menggunakan sistem online memang menjadi marak dilakukan oleh mereka yang ingin memperoleh konsumen lebih banyak dan luas. Dengan adanya sistem online, dapat memudahkan pebisnis mencari konsumen yang jangkauannya lebih luas dan menghemat energi. Apalagi dalam hal pemasaran atau perdagangan yang pastinya membutuhkan sistem online ini.

Bagi para pemula pastinya sangat kesulitan dalam memulai bisnis dengan sistem online. Mereka kesulitan akan memulai dari mana dan melakukan apa. Selain itu jika kamu ingin membangun sebuah bisnis online, maka kamu juga perlu untuk belajar membangun sikap dan mental yang baik, seperti serius ingin belajar, bekerja keras, pantang menyerah dan mampu mengambil risiko.

Hal yang perlu diketahui pertama sebenarnya adalah paham apa yang akan dijual atau produk apa yang akan kamu promosikan. Bahkan kamu harus sedetail mungkin dalam memahami produknya. Pemahaman tersebut bertujuan untuk membantu kamu mengetahui kualitas produk yang dijual.

Kemudian dalam berbisnis yang dibutuhkan adalah tekad dan niat yang benar-benar serius. Apakah kamu sudah benar-benar yakin ingin memulainya? Nah, untuk kamu yang ingin memulai berbisnis secara online, kali ini penulis akan memberikan sedikit tips untuk kamu yang ingin memulainya.

1. Tentukan model bisnis.

Menentukan model bisnis adalah langkah awal kamu untuk memulai berbisnis. Kamu harus tahu bisnis apa yang akan diterapkan dan apakah bisnis tersebut bisa kamu jalankan. Kamu harus benar-benar memikirkan hal tersebut.

Ketika memulai dengan berbisnis secara online pastinya kamu memiliki banyak keputusan untuk dibuat. Cepat atau lambat kamu harus membuat keputusan terkait model bisnis apa yang akan digunakan.

Model dalam berbisnis secara online ada banyak yang tersebar. Di bawah ini adalah beberapa model yang sering digunakan oleh pebisnis.

Model freemium.

Ini adalah model yang sangat digemari oleh start up di berbagai macam industri. Jadi istilah freemium berasal dari kata “free” dan “mium”, yakni gabungan dari free dan premium yang bermakna akan menyediakan layanan baik secara gratis maupun berbayar kepada pelanggan.

Model berlangganan atau subscription.

Keunggulan dari model ini adalah memberikan kenyamanan untuk pelanggan dan pemilik bisnis. Jadi pelanggan tidak perlu khawatir lagi tentang pembelian yang sama dan berulang-ulang setiap bulannya. Keuntungan lainnya adalah jika bisnis menyediakan banyak layanan yang bernilai untuk pelanggan, maka pelanggan dapat membayar selama bertahun-tahun dan tidak pindah.

Model on-demand.

Model ini pada dasarnya adalah bergantung pada kebutuhan pembeli yang mendesak dan juga untuk kepuasan yang instan. Jadi intinya dari model ini adalah menyediakan layanan untuk pelanggan dengan cepat kapanpun dan dimanapun pelanggan membutuhkannya.

Model barang yang bisa dikostumisasi.

Model bisnis online seperti ini menyediakan produk yang kemudian dapat diubah sesuai dengan keinginan pelanggan. Model ini pada dasarnya merupakan model yang bagus dan bekerja sangat ampuh dengan harga yang lumayan meningkat, dan biasanya mempunyai harga khusus per unit.

Model pasar atau marketplace.

Ini adalah model yang sangat terkenal di penjuru dunia. Ini adalah model yang mengandalkan pemasok dan pembeli untuk bertemu di tempat yang sudah ditentukan.

Nah, itulah beberapa model berbisnis yang sering digunakan oleh pebisnis yang telah sukses. Namun dari kelima model tersebut cara untuk memulai bisnis secara online yang paling sering digunakan adalah model marketplace, hal ini karena kemudahan dan juga keamanan yang lebih terjaga.

 

2. Buat website.

Sebagai seorang pebisnis, pastinya membutuhkan sebuah alamat untuk mempromosikan sebuah produk. Apalagi dalam memulai berbisnis secara online. Nah untuk itu pastinya kamu harus memiliki sebuah alamat web atau website pribadi untuk mempromosikan produk yang akan dihasilkan.

Pada saat ini telah banyak sekali di internet yang menyediakan pembuatan situs atau website secara gratis, atau kamu juga bisa membeli sebuah domain untuk website yang resmi milikmu. Dengan memiliki website tersendiri akan memudahkanmu dalam memberikan pelayanan terhadap pengunjung.

Mengapa berbisnis online perlu membuat website? Sebab dengan adanya website, pengunjung akan mengetahui produk apa yang ditawarkan oleh kamu dan yang nantinya dipasarkan. Bagaimana, mudah bukan?

Membangun website merupakan langkah awal yang paling mudah untuk dilakukan oleh seorang pemula yang berbisnis secara online. Dengan belajar membangun sebuah situs website atau blog, dan memberikan sebuah informasi yang bermanfaat untuk audien merupakan sebuah tindakan yang tidak terlalu sulit.

Kamu bisa membuat isi konten website dengan tema hobi dan minat yang sama sehingga nantinya audiens akan mencari minat dan hobi yang sama dengan kamu yang nantinya dan menjadi audiens kamu.

Setelah website kamu memiliki banyak audeins, maka nanti kamu bisa memonetisasi blog tersebut. Banyak tutorial cara memonetisasi blog yang ada di internet. Dengan memonitesi ini nantinya pendapatan kamu akan keluar dari setiap audiens yang selalu bertambah.

 

3. Optimize website.

Setelah website dibuat, maka langkah selanjutnya adalah mengoptimalkan website kamu. Mengoptimalkan website adalah cara yang mudah dilakukan, namun sulit dimengerti bagi para pemula.

Sebenarnya yang dimaksud mengoptimalkan website adalah dengan memberikan full service kepada website yang telah dibuat, yakni memberikan layanan-layanan yang positif untuk pelanggan dan berharap mendapatkan audiens yang banyak.

Cara untuk mengoptimalkan adalah dengan cara memberikan sebuah promosi atau pemasaran berupa iklan. Dengan banyaknya orang yang paham dan mengerti tentang website kamu, maka akan semakin banyak juga orang ikut menjadi audiens website kamu nantinya.

Nah dari sinilah kamu nanti akan mendapat sebuah penghasilan yang mengalir. Kamu bisa memasangkan iklan dalam website kamu, pemasaran barang yang ingin dipromosikan, dan lain-lain. Pada dasarnya dengan adanya iklan dan pemasaran lainnya yang terdapat di website membuat kamu semakin banyak mendapat kesempatan untuk memperoleh pendapatan yang lebih banyak.

 

4. Perkaya website.

Nah, inilah poin penting yang sangat mendukung di dalam website. Memperkaya situs website kamu adalah salah satu cara yang terbaik untuk meningkatkan rating jumlah pengunjung website. Dengan adanya banyak informasi yang didapat dari websitemu, maka akan semakin banyak pula pengunjung yang sering melihat websitemu.

Salah satu upaya dalam memperkaya website adalah dengan menambahkan beberapa fitur tambahan atau sejenis informasi khusus. Misalnya adalah website halaman tentang informasi olahraga, kuliner, wisata, dan berita. Hal ini pastinya akan menambah banyak sekali kata kunci yang keluar dalam mesin pencarian google.

Tidak hanya sekadar apa yang disajikan dalam website kamu, namun dalam segi tampilan pun juga berpengaruh pada rating website. Karena jika informasi yang disajikan terlihat menarik, namun tampilan yang diberikan tidak enak dilihat, atau bahkan malah mengganggu pandangan mata audiens, malah-malah bisa membuat rating yang didapatkan menurun.

Sebagai seorang pebisnis maka perlu adanya website yang menarik dan mudah ditampilkan oleh pengunjung. Namun jika kamu tidak mempunyai kemampuan tersebut, tidak mempunyai rasa semangat untuk memperindahnya, maka bisnis kamu pasti akan segitu-gitu saja.

 

Nah, itulah beberapa tips untuk kamu yang memulai berbisnis secara online. Sama seperti jenis bisnis lainnya, ketika kamu memutuskan untuk membuat bisnis secara online pastinya membutuhkan beberapa hal yang perlu diperhatikan. Misalnya seperti modal yang cukup dan paham produk apa yang dipromosikan, kemudian tujuan pemasaran dan strategi pemasaran.

Dalam melangkah menuju bisnis yang berkembang, maka kamu harus memahami tren bisnis, yakni menyajikan informasi atau menjual produk yang sedang bumming. Hal ini pastinya akan menarik pengunjung yang semakin banyak. Kamu jangan malah memberikan informasi yang tidak update dan kurang menarik pengunjung.

Faktor dalam menentukan kesuksesan dalam berbisnis adalah 95% ditentukan oleh kualitas pribadi manusia itu sendiri. Hal itu adalah yang bersifat non-teknis, sedangkan sisanya adalah sifatnya teknis.

Memulai bisnis dengan cara online, pastinya membutuhkan waktu yang cukup lama untuk meraih kesuksesan. Pelajari dulu bagaimana sistem berbisnis secara online, dengan begitu kamu akan menemukan alasan mengapa kamu perlu berbisnis online. Tujuan utama dalam berbisnis secara online selain untuk mendapat penghasilan adalah untuk bisa melayani lebih banyak orang.
Mungkin cukup seperti itu informasi mengenai tips dan trik yang dapat penulis sampaikan.

Sebenarnya di luar sana masih banyak tips dan trik yang bisa kamu temukan, namun dengan tips ini adalah dasar untuk memulai bisnis secara online yang paling mudah. Semoga dengan adanya tips tersebut dapat membantu kamu untuk membuat bisnis yang akan dijalankan menjadi lancar dan tanpa adanya kendala.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

-->
MORE
Wave red