Mata merupakan salah satu komponen terpenting dalam tubuh manusia. Mata sangatlah sensitif dan mudah terkena iritasi, sehingga kita perlu berhati-hati terhadap panca indera yang satu ini. Selain itu kita juga perlu menghindari berbagai kebiasaan yang tanpa disadari mampu menurunkan fungsi penglihatan mata. Berikut beberapa tips menjaga kesehatan mata yang dapat kita terapkan dalam keseharian kita.

1. Hindari mengucek mata secara berlebihan.

Ini 3 cara untuk menjaga kesehatan mata

Mengucek mata terlalu berlebihan dapat menyebabkan penyakit Glaukoma. Glaukomamerupakan penyakit pada matakarena rusaknya saraf mata, dan akan tambah parah jika tak segera ditangani. Kerusakan saraf mata ini terjadi karena adanya peningkatan tekanan pada mata, yang bisa juga disebabkan oleh kebiasaan mengucek mata yang terlalu keras dan sering.

Kebanyakan orang yang menderita glaukoma pada awalnya tidak merasakan gejala apapun. Sehingga sering kali penderita datang dengan tingkat keparahan Glaukoma yang cukup tinggi dan mengakibatkan ia kehilangan kemampuan penglihatannya, atau bahkan buta.

2. Perhatikanjarak pandang aman terhadap layar kaca (TV, smartphone, komputer, dll).

Ini 3 cara untuk menjaga kesehatan mata

Di zaman modern ini hampir semua orang bekerja di depan laptop atau komputer sehingga sangat rawan untuk kesehatan mata. Dalam dunia medis, sekelompok penyakit yang mungkin menghampiri Kita setelah bekerja seharian menatap layar komputer punya istilahnya sendiri, yaitu CVS, alias Computer Vision syndrome (Sindrom Penglihatan Komputer).

CVS terjadi akibat fokus dan gerak mata yang tertuju hanya pada satu arah secara berulang kali dalam waktu lama, yaitu menatap layar komputer (plus mungkin hanya berpindah ke layar hape sesekali). Semakin lama penglihatan kita terpaku hanya pada satu titik, maka akan semakin beratdampak gangguan kesehatan yang akan dirasakan. Orang yang menghabiskan waktu dua jam atau lebih terus-menerus di depan layar komputer atau perangkat layar digital setiap hari berisiko untuk mengalami CVS.

Gejala yang paling umum terkait dengan kebiasaan menatap layar komputer terlalu lama, antara lain mata tegang,sakit kepala, penglihatan kabur, mata kering dan merah (iritasi mata), iakit/nyeri pada leher, bahu, punggung, sensitif terhadap cahaya, dan ketidakmampuan melihat fokus terhadap suatu benda yang jauh jaraknya.

Jika gejala-gejala tersebut tidak langsung tertangani, hal ini akan memengaruhi aktivitas di tempat kerja.

3. Perbanyak konsumsi sayuran yang mengandung Luthein dan Zeaxanthin.

Kalau kamumengonsumsi makanan yang kaya akan lutein dan zeaxanthin, makakamu dapat terhindar dari penyakit mata akibat usia lanjut. Mereka yang rajin makan sayur-sayuran hijau memiliki kemungkinan 50% lebih rendah untuk mengalami katarak di kemudian hari. Contoh sayuran yang mengandung Luthein dan Zeaxanthin adalah bayam, brokoli, dan kale.

Menurut The American Optometric Association, karena sifatnya yang bukan zat gizi melainkan phytonutrient, lutein dan zeaxanthin tidak memiliki anjuran konsumsi harian. Tetapi untuk menjaga kesehatan mata, dibutuhkan lutein kira-kira 10 mg per hari, dan 2 mg per hari untuk zeaxanthin. Pada 1 cangkirbayam sudah terdapat 20,4 mg lutein dan zeaxanthin. Sementara pada 1 cup brokoli terdapat 1,6 mg lutein dan zeaxanthin. Kadar lutein dan zeaxanthin terbanyak ditemukan pada kale yaitu 23,8 mg per cup nya.