Inggris sukses melaju ke semifinal setelah 52 tahun, tagline Football coming home yang selama ini mereka dengungkan semakin mendekati kenyataan. Setelah semalam singa muda Inggris sukses menaklukan Swedia. Dua gol Harry Maguire di menit ke 30 dan torehan Dele Alli di menit 58, mengulangi kesuksesan Inggris di Italia 1990. Kala itu, Gary Lineker dkk melaju ke semifinal sebelum dihentikan Jerman yang kemudian keluar sebagai juara. Itulah pencapaian terbaik mereka selepas menjadi kampiun di tahun 1966 silam.

Harapan Inggris untuk menjadi juara dunia Worldcup 2018 semakin terbuka. Semalam mereka melaju ke semifinal setelah menaklukan Swedia 2-0. Singa muda Inggris tampil dominan dan mencetak 2 gol, Harry Maguire mencetak gol di menit ke 30 babak pertama melalui sundulan, memanfaatkan set piece. Armada Swedia bukan tanpa peluang, Marcus berg dan Ola Toivonen berulangkali realitas gawang Inggris. Namun penampilan gemilang Jordan Pickford dibawah mistar sukses menggagalkan peluang Swedia.

Di babak kedua, Swedia yang meningkatkan serangannya justru dikejutkan oleh gol kedua Inggris. Sundulan Dele Alli yang mengkonversi tendangan bebas Jesse Linggard menggandakan keunggulan tiga singa dan bertahan hingga pertandingan usai.

Kesuksesan ini, membawa tim besutan Gareth Southgate menyamai pengganti Gary Lineker dkk di Italia 1990.Kala itu Inggris melaju ke semifinal sebelum ditaklukan Jerman yang kemudian keluar sebagai juara. Pencapaian ini menyulut optimismeNegeri RatuElizabeth ini, membuat banyak yang yakin kalau skuad muda Inggris mampu mengolah kejayaan Geoff Hurst dkk yang membawa gelar Piala Dunia pertama mereka tahun 1966 saat menghempaskan Jerman barat di negeri sendiri.

Tagline "Football coming home" yang selama ini mereka dengungkan, selangkah lagi menjadi fakta. Tentunya bukan hal yang mudah buat Harry Kane dkk untuk mewujudkannya. Mengingat Kroasia telah menunggu mereka di semifinal. Namun Skuad muda mereka yang mumpuni dan terbiasa tampil di liga domestik mereka yang ketat dan dianggap sebagai salah satu liga terbaik di dunia. Melindungi optimisme masyarakat Tiga Singa, semua kali yang diperlukan saat ini untuk Inggris Kembali meraih gelar Piala Dunia setelah lama 52 tahun.Dan apakah bola telah menemukan rumahnya? Kita tunggu keputusan di Luzhniki stadium 15 Juli nanti.