×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Ilmuwan merilis foto black hole untuk pertama kali, ini 6 faktanya

0

Ilmiah

Ilmuwan merilis foto black hole untuk pertama kali, ini 6 faktanya

Setelah satu dekade meneliti, akhirnya ilmuwan merilis foto black hole untuk pertama kalinya.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Dian Nita Pangesty

11 / 04 / 2019 07:56

Pada Rabu malam (10/04/2019), dunia dihebohkan dengan perilisan sebuah gambar Black Hole oleh Event Horizon Telescope. Akhirnya dalam sejarah manusia, foto Black Hole bisa terungkap untuk pertama kalinya. Tidak hanya itu, NASA juga merilis satu gambar Black Hole versi penuhnya.

Di hari perilisan tersebut, 5 scientist dari Event Horizone Telescope melakukan press conference dengan sejumlah wartawan. Penasaran dengan beberapa informasi mengenai foto Black Hole yang baru saja dirilis tersebut? Simak penjelasan berikut.

1. Penelitian dilakukan selama kurang lebih satu dekade.

Sumber: The Conversation.com

Penelitian sekaligus pencarian mengenai Black Hole ini ternyata sudah dilakukan selama satu dekade terakhir. Akhirnya setelah penelitian yang sangat panjang itu membuahkan kemajuan humanity abad ini, yaitu rilisnya gambar Black Hole untuk yang pertama kali.

 

2. Bentuknya seperti ring of fire.

Loading...

Sumber: bbcnews.com

Dalam gambar yang dirilis tersebut, terlihat bahwa Black Hole berbentuk bulat tak beraturan dan dikelilingi oleh cahaya merah yang menyala.

 

3. Berada di galaksi yang dinamakan M87.

Sumber: wikipedia.com

Menurut Prof Heino Falcke dari Radboud University di Belanda (dikutip dari BBC News), Black Hole ditemukan di sebuah galaksi yang bernama M87 dan jaraknya dari Bumi adalah 500 juta triliun km dari bumi. Sungguh perjuangan yang sangat luar biasa para ilmuwan bisa mendeteksi Black Hole tersebut.



4. Besarnya 6,5 miliar lebih besar dari matahari.

sumber: okezone.com

Prof Heino Falcke juga mengatakan bahwa besar dari Black Hole yang ditemukan sama dengan 6,5 miliar kali lebih besar dari matahari. Sedangkan jika dibandingkan dengan bumi maka ukuranya menjadi 40 miliar kali lebih besar. Ini membuat para ilmuwan menyebut bahwa Black Hole tersebut seperti monster.

 

5. Teori Albert Enstein terbukti benar lagi.

Ilmuwan merilis foto black hole untuk pertama kali, ini 6 faktanya

Dan yang lebih mencengangkannya lagi, Black Hole tersebut pernah disimulasikan oleh Enstein dengan teorinya yang bernama Teori Relativitas. Hasilnya sangat mirip dengan bentuk aslinya.

 

6. Ini baru permulaan, masih banyak misteri yang belum terungkap.

Sumber: Nasa on Twitter

Walaupun gambar resmi dari Black Hole sudah dirilis, namun ilmuwan masih belum mengetahui bagaimana materi merah yang mengelilingi Black Hole bisa terbentuk. Ditambah lagi, dengan pertanyaan bagaimana jika kita jatuh dalam lubang hitam tersebut. Itu semua masih menjadi misteri karena ini barulah permulaannya.

Selain informasi di atas, hal mengejutkan lainnya datang dari film Interstellar. Hal ini karena Cristopher Nolan, sang sutradara film ternyata sudah memprediksi bentuk dari Black Hole sejak 2014 silam.

Ini membuat fans film Interstellar semakin kagum dengan sutradara tersebut. Bagaimana menurut kalian?

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red