Selain kecap, tau co, tahu dan tempe, ada satu lagi nih jenis makanan fermentasi dari jenis kacang-kacangan, yaitu oncom. Yup, kamu tentu sudah gak asing karena oncom bisa diolah dari mulai ditumis, dibuat sambel oncom, hingga dibuat keripik.

Nah karena pembuatan oncom ini sama seperti tempe, yakni memanfaatkan kepang atau spora jamur, makanya tidak tahan lama, paling hanya 1 hingga 2 hari saja karena setelah itu oncom sudah gak bagus lagi buat dikonsumsi.

Nah, buat kamu yang lagi pengen belajar masak dengan bahan oncom, ini ada tips buat memilih oncom yang baik dan aman buat dikonsumsi. Apa saja tipsnya? Yuk kita simak bersama.

1. Cari yang masih segar.

Ikuti 3 tips sebelum membeli oncom, agar masih bagus saat dikonsumsi

Nah buat dapetin gizi maksimal, saat kamu ke pasar cari oncom yang masih segar dengan ciri jamur di permukaannya tidak terlalu banyak. Selain itu juga teksturnya rapat. Coba cium aromanya, kalau masih beraroma kacang kedelai berarti masih segar. Tapi kalau sudah kecium bau asam dan lembap, berarti oncom itu sudah gak segar lagi.

2. Sangrai atau bakar sebelum diolah.

Ikuti 3 tips sebelum membeli oncom, agar masih bagus saat dikonsumsi

Sebelum kamu mengolah oncom, sebaiknya sangrai sebentar atau bisa juga kamu bakar. Tujuannya agar oncom agak kering dan mengeluarkan cita rasa, dan aroma oncom jadi lebih sedap. Cobain deh.

3. Langsung diolah.

Ikuti 3 tips sebelum membeli oncom, agar masih bagus saat dikonsumsi

Rata-rata oncom ini tidak tahan lama, hanya 1 sampai 2 hari saja. Oleh karena itu setelahmendapatkan oncom segar, segera diolah yah. Bisa kamu tumis dengan cabai hijau atau dibuat ulukutek leunca, dibuat sambel oncom buat dicocol sama lontong, atau dibuat keripik.

Nah, kalaupun masih ada sisa yang belum kamu olah, sebaiknya kamu hindari menyimpan oncom di udara terbuka karena karena jamur akan makin giat buat berkembang biak. Simpan oncom dalam kulka. Jangan simpan oncom di dalam frezer karena selain akan mematikan jamur, kamu juga gak akan bikin oncom jadi es kan karena sudah beku.

Di pasaran kamu juga bakal nemuin 2 jenis oncom, yaitu oncom merah yang dibuat dari ampas tahu dengan memanfaatkan peran kapang oncom Neurospora sitophila atauN. intermedia. Dan satu lagi oncom hitam yang dibuat dari bungkil kacang tanah dengan memanfaatkan peran kapang yang sama dengan tempe, yaitu Rhizopus oligosporus dan atau jenis-jenis Mucor. Keduanya sama-sama enak buat dikonsumsi, tinggal disesuaikan dengan selera kamu saja.