Banyak hal yang menyebabkan mobil bisa terbakar dan meledak dengan sendirinya. Bisa karena adanya bagian mesin mobil yang rusak, sentuhan dengan api, ataupun kecerobohan pemilik mobil dengan meninggalkan benda yang seharusnya tidak ditinggalkan di dalam mobil.

Perlu diketahui, sebenarnya ada beberapa benda yang tidak boleh kamu tinggalkan di dalam mobil. Alasannya, benda inilah yang akan memicu terjadinya ledakan pada mobil dan sudah banyak terjadi kasus mobil meledak karena benda-benda ini. Sebelum kamu menjadi korban berikutnya, yuk simak artikel ini tentang 5 benda yang dilarang ditinggalkan di dalam mobil.

1. Ponsel dan tablet.

Hindari terjadinya ledakan, jangan tinggalkan 5 benda ini dalam mobil

Untuk kamu yang sering meninggalkan ponsel ataupun tablet dalam mobil, mulai sekarang hentikan.Meskipun mobil dalam keadaan mati, bagian dalam mobil memiliki suhu udara yang panas. Bila ponsel atau tablet kalian tertinggal, maka temperatur tinggi dalam mobil dapat merusak baterai ponsel dan tablet.

Hal ini tentunya dapat membuat masa pakai baterai berkurang. Selain itu bila ponsel dan tablet didiamkan dalam waktu yang lama di dalam mobil, baterai akan semakin panas akibat suhu dalam mobil yang panas. Terlebih lagi bila mobil sedang di parkir di bawah terik matahari, maka potensi ledakan akan terjadi lebih cepat.

2. Power bank.

Hindari terjadinya ledakan, jangan tinggalkan 5 benda ini dalam mobil

Sama halnya dengan ponsel, power bank juga tak boleh ditinggalkan di dalam mobil. Apalagi ditinggalkan di tempat yang panas seperti di atas dashboard mobil. Sebab suhu tinggi dalam jangka waktu yang lama akan membuat power bank semakin panas dan menciptakan ledakan.

3. Korekapi gas.

Hindari terjadinya ledakan, jangan tinggalkan 5 benda ini dalam mobil

Bila kamu perokok, sebaiknya jangan lagi meninggalkan korek api gas di dalam mobil. Korek api gas mengandung cairan yang sangat mudah terbakar dan bila kamu meninggalkannya di dalam mobil yang terparkir di bawah panas sinar matahari, ditambah suhu tinggi di dalam mobil kamu, maka korek api akan mudah menyala dan menciptakan ledakan.

4. Kacamata.

Hindari terjadinya ledakan, jangan tinggalkan 5 benda ini dalam mobil

Kalian tentu pernah mencoba membuat api menggunakan kaca pembesar (lup) dan sinar matahari. Hampir semua kacamata terbuat dari kaca pembesar yang dapat memusatkan sinar matahari. Bila kacamata memusatkan sinar matahari ke tempat kecil dalam mobil, dan dalam mobil kamu terdapat cahaya kuat yang mengenai sinar dari kacamata, tentu kamu tahu apa yang terjadi berikutnya bukan?Hal in juga berlaku untuk lensa dan kaca pembesar yaa.

5. Kalengminuman soda.

Hindari terjadinya ledakan, jangan tinggalkan 5 benda ini dalam mobil

Perlu diketahui, kaleng minuman soda sudah memiliki tekanan yang tinggi dari gas yang ada didalamnya. Bila ditinggalkan di dalam mobil yang terpapar di bawah sinar matahari, maka kaleng bisa meledak karena tekanan yang begitu besar.

Itulah 5 benda yang bila ditinggalkan dalam mobil dapat menimbulkan ledakan. Mulai saat ini, kalian yang sudah mengetahui hal ini harus lebih berhati-hati. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih!