Kadang kita lupa setiap kata yang keluar dari mulut kita nggak semuanya bisa diterima oleh lawan bicara, untuk itu kadang banyak yang jadi males ngobrol sama kita atau bahkan mungkin jadi dijauhin gara-gara kita nggak bisa ngontrol omongan yang terlontar dari mulut kita.

Untuk itu, udah saatnya kita sadar kalo nggak semuanya bisa diomongin mentah-mentah. Untuk itu marilah kita memperbaiki kesalahan-kesalahan yang mungkin sudah menjadi kebiasaan yang sangat bisamenghancurkan mood orang lain.

1. Mencela sesuatu hanya karena ingin terlihat lebih
Sering dilakuin, 5 hal sepele ini bisa bikin kamu dijauhin orang lain

Adakala nya temen kita ngasih tahu dia punya barang baru, entah itu sepatu, tas, smartphone atau apapun itu. terus dari kalian pasti ada aja kan yang nyepelein karena barang itu nggak lebih baik daripada punya kalian. Ya nggak papa sih kalo cuma didalem hati nyepelein nya. Nah, kalo yang diomongin nih yang bikin kesel. bayangin aja, temen kalian lagi seneng-seneng nya punya barang baru eh tiba-tiba kalian komentar nyepelein gitu. Ibaratnya nih lagi suka-suka nya sama doi, eh diputusin. Nggak enak kan rasanya? Jadi mulai sekarang ikutan seneng aja kalo temen kalian ngasih tahu barang yang baru aja dia punya. Nggak ada salahnya juga kan buat orang lain seneng.

2. Nggak ngasih kesempatan yang lain bicara
Sering dilakuin, 5 hal sepele ini bisa bikin kamu dijauhin orang lain

Kadang kalo kita ketemu temen baru, kita mulai deh tuh sksd dan nggak berhenti ngomong supaya suasana nggak canggung. tapi ternyata itu bukan ide yang bagus karena temen baru kita itu pasti langsung ilfil dan gamau temenan karena cuma dengerin ocehan kamu doang dan ga berenti-berenti. Tapi nggak cuma berlaku sama temen baru doang, berlaku untuk semua percakapan kalian dengan lawan bicara siapapun. Kasih lah kesempatan lawan bicara ngomong juga biar komunikasi berjalan dengan lancar dan menyenangkan.

3. Menyuruh orang lain diam saat sedang menceritakan sesuatu
Sering dilakuin, 5 hal sepele ini bisa bikin kamu dijauhin orang lain

Seseorangbiasanya langsung pengen numpahin ceritanya saat ketemu sama temen atau sahabat nya, apalagi kalo cerita yang pengen diceritain itu bikin dia seneng. Pastilah diceritain nya penuh dengan semangat 45, nah bagi kalian yang menghadapi situasi menjadi orang yang mendengar cerita nya, jangan sekali-kalimenyuruh temen atau sahabat kalian diam kalo nggak lagi kepepet kayak dikelas misalnya. Soalnya kalo kalian suruh mereka diam apalagi dengan wajah yang 'nyolot' dijamin 100% mood mereka langsung ancur seketika. Yang tadi nya semangat mau cerita jadi akan diam seribu bahasa.

4. Menjudge selera orang lain

Sering dilakuin, 5 hal sepele ini bisa bikin kamu dijauhin orang lain

Setiap orang pasti punya selera nya sendiri, jadi nggak ada salahnya mereka suka sesuatu yang nggak kita suka. Kita nggak boleh menjudge mereka cuma karena kita nggak suka, mungkin bagi mereka itu istimewa. Justru selera yang beragam itu membuat hidup kita lebih berwarna. Coba deh kalo selera kita semua sama, pastinya bosen hidup kita. Jadi banyak-banyakin bersyukur juga.

5. Basa-basi hal pribadi
Sering dilakuin, 5 hal sepele ini bisa bikin kamu dijauhin orang lain

Adakalanya kita nggak tau mau ngebahas apa sama lawan bicara. Nah, saat-saat kayak gini jangan deh sekali-kali nanyain hal pribadi kayak "udah nikah belom?", "gajinya berapa?", "punya pacar simpenan ga?". Jangan pernah! yang ada mereka malah akan ngejauhin kamu. Mending di saat-saat canggung kayak gitu ngomongin hal yang lagi Viral aja kayak ternyata Via Vallen jadi salah satu penyanyi di Asian Games, Bowo artis tiktok yang diodalakan abg jaman now dan hal-hal yang lagi happening lainnya.

Buat kamu yang punya kelakuan kayak 5 poin di atas, udah saatnya berhenti dan berubah jadi lebih baik jangan malah jadi power ranger dan buat kamu yang nggak punya kelakuan 5 poin di atas jangan penasaran ya buat ngelakuin!