×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Hindari 4 makanan dan minuman ini saat terserang batuk

0

Kesehatan

Hindari 4 makanan dan minuman ini saat terserang batuk

Tak hanya menjaga tubuh dari luar, asupan makanan dan minuman yang masuk pun harus kamu perhatikan ketika sakit batuk.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Arya Raihan

03 / 05 / 2019 10:50

Batuk awalnya terjadi saat tenggorokan merasa gatal dan panas yang begitu tidak nyaman saat menelan. Bahkan, batuk juga mengganggu aktivitasmu. Kamu mungkin dianjurkan untuk berselimut saat tidur, tidak boleh keluar malam, hingga menghindari stress yang tujuannya untuk mempercepat penyembuhannya. Ada beberapa hal lain yang patut  kamu hindari saat batuk, yaitu makanan dan minuman yang memperparah batuk. Apa saja itu? Yuk cari tau.

1. Minuman berkafein.

minuman kafein

Minuman berkafein seperti kopi, teh, dan soda patut kamu hindari saat batuk. Karena minuman tersebut memberikan rasa panas di tenggorokan yang gatal sehingga memperburuk batukmu. Selain itu, kafein juga dapat memicu gas asam dari lambung naik ke tenggorokan. Maka dari itu, hindarilah minuman yang berkafein dan ganti dengan air putih guna mempercepat penyembuhannya.

 

Loading...

2. Makanan cepat saji.

makanan cepat saji

Makanan cepat saji maupun minuman kalengan wajib kamu hindari saat batuk. Sebuah studi yang diterbitkan oleh British Journal of Nutrition, menyatakan bahwa nutrisi berperan penting untuk mendukung sistem kekebalan tubuh yang akan melawan infeksi. Makanan seperti junk food, ataupun keripik mengandung lemak tinggi yang mengundang efek panas di tenggorokan sehingga batukmu makin menjadi. Maka dari itu, gantilah makanan itu dengan makanan yang bernutrisi tinggi dan bergizi guna memperkebal tubuh kamu.

 

3. Makanan yang digoreng.

makanan yang digoreng

Makanan yang digoreng patut kamu hindari saat sedang batuk karena minyak yang ada di dalam makanan tersebut akan memperparah batuk sehingga menghambat penyembuhan batukmu. Kamu boleh mengonsumsinya jika batuk sudah sembuh dan ingat jangan berlebihan.

 

4. Makanan olahan susu.

makanan olahan susu

Hindarilah makanan yang mengandung olahan susu seperti mentega, keju, krim, bahkan susu. Hasil ini dari penelitian yang dimuat dalam Medical Hypoteses Journal, menyatakan bahwa orang-orang yang mengalami batuk sulit sembuh bila mereka rutin minum susu atau makanan dari olahan susu. Karena susu ataupun keju akan menghasilkan lendir di tenggorokan kamu sehingga sulit untuk sembuh. Maka dari itu, tahanlah makanan ini dan diganti dengan makanan sehat.

Nah, itulah yang pantangan yang kamu hindari saat terserang batuk. Semoga bermanfaat.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red