×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Hindari 4 jenis makanan ini jika ingin sembuh dari penyakit lupus

0

Kesehatan

Hindari 4 jenis makanan ini jika ingin sembuh dari penyakit lupus

Lupus termasuk ke dalam penyakit autoimun, yakni penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Dadang Supena

03 / 05 / 2019 12:50

Lupus termasuk ke dalam jenis penyakit Autoimun. Autoimun adalah jenis penyakit yang menyerang pada sistem kekebalan tubuh. Hal ini terjadi karena sel-sel tubuh telah terserang dan akan membuatnya tidak lagi bekerja dengan baik sebagaimana fungsinya. Selain itu, sel-sel tubuh tersebut tidak akan mengenal satu sama lainnya, maka dari itu sel tidak akan bejalan dengan baik.

Gejala jika terkena Autoimun pada umumnya penderita akan merasakan demam, peradangan kronis, sendi kelelahan, terjadi pembengkakan, kemerahan, selalu merasa panas tanpa alasan yang jelas, dan nyeri otot.

Hindari 4 jenis makanan ini jika ingin sembuh dari penyakit lupus

Sumber: https://rheumapas.com

Penyakit autoimun tidak hanya lupus saja, namun sepeti radang usus, rematik, psoriasis, tiroid, dan diabetes mellitus tipe 1 juga termasuk ke dalam penyakit autoimun.

Loading...

Pengobatan lupus terbagi menurut tingkat keparahannya. Obat utama yang biasa digunakan seperti kortikosteroid, antimalaria, nonsteroid anti-inflamasi, dan imunosupresan.

Terlepas dari pengobatan yang sedang kamu lakukan, sebaiknya perhatikan juga pola makan. Bagi penderita lupus, ada beberapa makanan yang dilarang untuk dikonsumsi, seperti makanan di bawah ini.

1. Makanan yang mengandung natrium terlalu banyak.

Penderita autoimun seperti lupus sebaiknya berhati-hati jika membeli makanan kemasan. Sebab natrium kebanyakan dapat ditemukan pada jenis makanan kemasan. Jika terlalu banyak mengonsumsi natrium, maka penderita autimun bisa terkena penyakit jantung.

2. Makanan yang mengandung lemak jenuh.

Mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan lemak jenuh dan lemak trans tidak hanya dapat membuat seseorang terkena penyakit kronis sepeti jantung dan diabetes, begitu pun penyakit lupus. Jika kamu sebagai penderita lupus, lebih baik tinggalkan saja jenis makanan ini.

3. Makanan yang mengandung asam amino.

Jika tidak ingin membuat gejala lupus semakin parah, ada baiknya makanan yang mengandung asam amino seperti kecambah juga harus dihindari oleh penderita lupus.

4. Makanan yang mengandung asam arakidonat.

Kandungan asam rakidonat ini bisa ditemui pada susu, telur, kacang tanah, rumput laut, dan daging hewan. Susu juga bagus untuk pertumbuhan tulang, namun itu susu yang mengandung vitamin D. Harap perhatikan juga bila susu tersebut memiliki kandungan asam arakidonat pada kemasannya.

Nah, itulah 4 jenis makanan yang harus penderita lupus/ autoimun hindari. Jika tidak maka gejala lupus akan semakin memburuk, dan lupus akan jauh dari kata sembuh. Intinya, penderita lupus harus tahu jenis–jenis makanan yang mengandung kalsium, Vitamin D, omega 3, dan antioksidan. Nah, makanan seperti itulah yang seharusnya kamu konsumsi.

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red