×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Henry Stickmin, game bertema stickman yang antimainstream

0

Gadget

Henry Stickmin, game bertema stickman yang antimainstream

Memperkenalkan game stickman antimainstream yang dijamin tidak akan bosan untuk dimainkan berkali-kali.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

TikAsrul

02 / 09 / 2020 12:30

Mungkin banyak yang mengatakan bahwa game bertema stickman adalah game yang paling membosankan untuk dimainkan di platform mana pun. Namun, apakah kamu pernah dengar tentang game yang berjudul Henry Stickmin?

Henry Stickmin, game bertema stickman yang antimainstream

Mungkin ada beberapa dari kamu yang pernah mendengar atau memainkan game tersebut. Henry Stickmin adalah game stickman bertema aksi dan komedi yang dirilis dan dikembangkan oleh Puffballs United dan Inner Sloth. Pada awalnya game ini adalah flash-game sederhana yang bisa kamu mainkan di beberapa website gaming sederhana lainnya, salah satunya games.co.id dan stickpage.com.

Henry Stickmin mulai populer dimainkan banyak orang di saat game ini dimainkan oleh YouTuber terkenal seperti Markiplier dan Jacksepticeye. Henry Stickmin memiliki lima seri yang berbeda, yaitu Breaking the Bank, Escaping the Prison, Stealing the Diamond, Infiltrating the Airship dan Fleeing the Complex. Karena kepopuleran game tersebut, akhirnya Puffballs United bersama dengan Inner Sloth merilis grand-finale dari game tersebut yang bernama Completing the Mission, serta melakukan remastered beberapa series Henry Stickmin terdahulu dengan menambahkan serta memperbaiki beberapa detail pada background, backsound, suara karakter, dan masih banyak lagi. 

Penasaran seperti apa serunya game tersebut? Sebelum tertarik memainkannya, ada pentingnya kamu mengetahui beberapa hal sebelum bisa merasakan serunya petualangan di dunia stickman sebagai Henry Stickmin. 

Loading...

Crossing the Pit.

Sebelum dirilisnya seri pertama Henry Stickmin yang berjudul Breaking the Bank, Puffballs United pernah merilis sebuah prototype game stickman pertama mereka yang berjudul Crossing the Pit pada tanggal 16 Desember 2007.

Crossing the Pit, prototype dari game stickman milik Puffballs United

Sesuai dengan nama game ini, kamu memiliki delapan pilihan yang berbeda untuk membantu sebuah karakter stickman menyebrangin jalan yang ada di depannya. Tidak seperti seri Henry Stickmin yang memiliki ending berbeda di antara pilihan tersebut, Crossing the Pit tidak memiliki ending. Dengan kata lain, apa pun pilihanmu, semuanya akan gagal. Maklum saja, ini adalah sebuah prototype. Puffballs United mengatakan bahwa ini bukanlah bagian dari The Henry Stickmin Collection, serta karakter stickman yang tidak memiliki wajah tersebut bukanlah Henry.

Henry Stickmin, game bertema stickman yang antimainstream

Dalam seri Completing the Mission, kedelapan pilihan yang ada di Crossing the Pit kembali dimasukkan dalam game tersebut. Tidak seperti Crossing the Pit, dalam pilihan ini, "Teleporter" adalah pilihan yang bisa melanjutkan dalam misi untuk mengambil batu Zamrud raksasa dari Norwegia yang berada di tangan Toppat Clan. 

Tokoh penting di Henry Stickmin Collection.

Seri Henry Stickmin Collection memiliki enam tokoh penting yang berperan besar dalam game tersebut. Mereka adalah Henry Stickmin, Ellie Rose, Charles Calvin, Hubert Galeforce, Reginald Copperbottom, Right Hand Man dan Dmitri Johanes Petrov. Di samping keenam tokoh penting yang ada di game tersebut, ada satu organisasi rahasia yang bernama yang bernama Center for Chaos Containment atau disingkat CCC, sebuah organisasi yang terkadang ikut campur dalam menumpaskan masalah yang disebabkan pilihan Henry, dengan cara yang lebih chaos. Sesuai dengan nama game tersebut sudah pasti tokoh yang kamu bisa mainkan ialah Henry.

Henry Stickmin, game bertema stickman yang antimainstream

Henry Stickmin sendiri adalah tokoh utama dan antihero dalam game tersebut, di mana ia adalah seorang pencuri ulung dengan beberapa caranya yang unik untuk bisa menggapai apa yang ia inginkan. Moralitas Henry tergantung kepada pilihan yang dipilih oleh para pemain, ia bisa saja menjadi sosok yang peduli dengan partnernya, mau berkerja-sama dengan karakter lain, atau berakhir menjadi antihero solo yang super licik. Setiap pilihan salahnya, Henry selalu berakhir dengan kesialan yang lucu atau berakhir dengan mati konyol di tangan pilihan tersebut. 

Henry pada awalnya berniat untuk membobol bank dengan cara memasukkan dirinya ke dalam kantong uang, namun aksinya ketahuan dan ia dijebloskan ke penjara. Walau akhirnya berhasil keluar dari penjara dengan ending yang berbeda sesuai pilihanmu di Escaping the Prison, Henry kembali melancarkan aksinya untuk mencuri sebuah berlian dari Tunisia yang ada di dalam museum di seri Stealing the Diamond.

Dalam seri Infiltrating the Airship, di sini Henry akan bertemu dengan Hubert Galeforce yang masih berpangkat kapten di militer pemerintahan, dan Charles Calvin, pilot unggulan pemerintah yang sama konyolnya dengan Henry. Dalam seri ini, Kapten Galeforce menginginkan Henry untuk membantu mereka dalam menumpas aktivitas kriminalitas yang dilakukan oleh komplotan Toppat Clan, sebuah organisasi kriminal terbesar yang dipimpin oleh Reginald Copperbottom bersama dengan kaki tangan setianya yang dijuluki "Right-Hand Man".

Henry dalam Infiltrating the Airship

Tidak seperti ending di seri sebelumnya, di sini kamu bisa memutuskan apakah ingin memihak kepada Toppat Clan, militer pemerintah, atau memutuskan untuk tidak memihak siapa pun. Di seri selanjutnya yang bernama Fleeing the Complex, Henry ditangkap oleh Dmitri Johannes Petrov, seorang kepala sipir yang tegas dan kejam di penjara khusus untuk kriminal tangguh yang dinamai "The Wall". Di sini, Henry akan bertemu dengan Ellie Rose, seorang wanita misterius yang juga barusan ditangkap oleh pihak The Wall. Sama seperti seri sebelumnya, di sini kamu bisa memilih apakah Henry akan keluar dari The Wall bersama Ellie, keluar dengan seorang diri tanpa sepengetahuan petugas lain, atau dengan memalsukan kematiannya saat The Wall melakukan pengejaran besar-besaran untuk menangkapnya. 

Completing the mission.

Dalam seri terakhir di The Henry Stickmin Collection, Completing the Mission sedikit berbeda dengan beberapa game sebelumnya karena seri ini memiliki 16 ending yang berbeda dari timeline yang berbeda. Sebelum memulai game tersebut, di sini kamu akan memilih dan menggabungkan dua timeline yang berbeda, baik dari Infiltrating the Airship dan Fleeing the Complex.

Henry Stickmin, game bertema stickman yang antimainstream

Tidak semua ending dalam game ini berupa happy ending, bahkan ada di antaranya berupa sad dan bad ending. Setiap pilihan rute cerita tersebut, di sini kamu bisa lihat bahwa Henry memiliki tiga peran yang berbeda, yaitu sebagai ketua baru dari Toppat Clan, orang kepercayaan pemerintahan atau sebagai solo antihero yang berusaha mencuri benda berharga milik Toppat Clan. Setiap pilihan dua timeline yang kamu pilih juga bisa ditemani oleh Ellie maupun Charles, bahkan ada sebuah timeline di Completing the Mission yang melibatkan mereka bertiga bersatu dalam menumpaskan kejahatan Toppat Clan.

Yang perlu kamu ingat ialah tidak semua timeline yang ada di Fleeing the Complex bisa disatukan dengan timeline yang ada di Infiltrating the Airship. Seperti contoh pada pilihan timeline The Betrayed dari Fleeing the Complex. Ini adalah salah satu timeline yang tidak bisa dipilih oleh tiga timeline di Infiltrating the Airship di mana Henry memutuskan tidak memihak siapa pun atau menjadi orang kepercayaan militer pemerintahan. Dengan kata lain, kamu harus memilih timeline di mana Henry menjadi ketua baru dari Toppat Clan agar kamu bisa menggabungkan timeline The Betrayed di Fleeing the Complex. 

Referensi dan easter egg.

Tidak hanya dikenal dari plotnya yang seru dan gameplay-nya tidak sulit, beberapa easter egg dan referensi dari media atau meme terkenal yang ada di game tersebut yang membuat Henry Stickmin sangat diminati banyak orang. Di sini kamu tidak hanya cukup menyelesaikan misi dan mendapatkan ending yang berbeda, tetapi juga mencari dan melihat beberapa referensi dan easter egg yang terselip di dalam game tersebut. 

Kok malah jadi Jojo ya ?

Salah satu referensi dalam Completing the Mission yang menjadi terkenal ialah referensi dari Jojo Bizzare Adventure. Dalam referensi ini, di sini Henry akan bertarung melawan Right-Hand Man dengan memilih pilihan "Spirit Mode". Jika kamu memilih pilihan tersebut, maka scene dalam game tersebut berubah menjadi nuansa ala Jojo, ditambah dengan Right-Hand Man beserta Spirit-nya Henry yang bernama Reference akan berbicara menggunakan bahasa Jepang dan menggunakan subtitle bahasa Inggris layaknya anime yang biasa kamu tonton.

Henry Stickmin, game bertema stickman yang antimainstream

Tidak hanya itu saja, jika memainkan semua versi remastered seri sebelumnya serta dengan Completing the Mission, kamu juga bisa mengklik beberapa karakter yang muncul di game. Tujuannya ialah kamu bisa melihat beberapa nama dan deskripsi karakter mereka masing-masing. Kebanyakan nama dan deskripsi karakter dari karakter sampingan ialah plesetan dari beberapa media terkenal, baik dari game, acara TV, movie, artis terkenal, kartun, anime bahkan dari sebuah meme yang sempat viral di internet. 

Penasaran seperti apakah serunya game ini? Kamu bisa membeli game tersebut dengan harga sekitar Rp 96 ribu dari steam.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

-->
MORE
Wave red