Terkadang kamu sering melakukan hal-hal yang dianggap sepele dan biasa saja. Namun ternyata, di balik kebiasaan itu, ada bahaya yang tersembunyi.

Bahkan, kebiasaan itu dapat mengancam keselamatan jiwa jika terus dilakukan. Seperti yang dilansir dari careguru.in, ini kebiasaan kecil yang berbahaya dan dapat mengancam keselamatan kamu.

1. Memencet jerawat di hidung

5 Kebiasaan kecil ini tak diduga bisa merusak tubuhmu secara perlahan foto: beautyonfleek.com

Area yang terlihat berbentuk segitiga dari ujung hidung hingga ujung bibir atas adalah area yang paling berbahaya dan sensitif di wajah. Pembuluh darah di area ini terhubung dengan organ tubuh manusia yang paling penting yaitu tengkorak dan otak.

Bagian ini tidak memiliki katup dalam mencegah aliran balik darah. Ketika kamu mencoba mengeluarkan jerawat di daerah itu, ada kemungkinan terjadinya meningitis dan bahkan infeksi otak, karena kuman yang ada di dalam jerawat bisa masuk ke dalam otak dan merusaknya.

2. Membersihkan telinga dengan cotton buds

5 Kebiasaan kecil ini tak diduga bisa merusak tubuhmu secara perlahan

foto: independent.co.uk

Setiap kali merasa tidak nyaman karena kotoran di telinga, seringkalikamumenggunakan cotton buds untuk membersihkannya. Hal ini biasa terlihat biasa saja, namun hal yang paling beresiko adalah ketika cotton buds itu menembus gendang telinga. Dan akibatnya akan terjadi kerusakan organ dalam telinga. Sebenarnya, kotoran telinga berfungsi untuk melindungi telinga dari partikel asing masuk kedalam telinga kamu.

3. Melewatkan sarapan

5 Kebiasaan kecil ini tak diduga bisa merusak tubuhmu secara perlahan

foto: pixabay.com

Banyak orang melewatkan sarapan mereka dengan alasan untuk menurunkan berat badan atau karena sibuk. Selain sebagai sumber energi di pagi hari sebelum memulai aktifitas, sarapan pagi berfungsi untuk mengambil asam yang tidak diinginkan keluar dari perut yang telah diproduksi setelah makan malam.

4. Menggigit kuku

5 Kebiasaan kecil ini tak diduga bisa merusak tubuhmu secara perlahan

foto: facmedicine.com

Apakah kamu memiliki kebiasaan menggigiti kuku? Meskipun kadang tidak disengaja, kebiasaan ini harus tetap dihilangkan. Dengan menggigit kuku, berarti mengonsumsi bakteri Salmonella yang dapat mengakibatkan keracunan makanan dan diare.

5. Makan saat tidak lapar

5 Kebiasaan kecil ini tak diduga bisa merusak tubuhmu secara perlahan

foto: seeyoulighter.com

Ketika kamu merasa lapar, tubuh menunjukkan bahwa sudah saatnya mengisi ulang tubuh untuk energi yang dibutuhkan. Tanpa merasa lapar, kamu cenderung menyantap banyak makanan yang tidak diperlukan oleh tubuh. Hal tersebut akan menjadi berbahaya bagi kesehatan.