Rasa syukur kepada Tuhan tidak hanya bisa ditunjukkan dengan mengucap syukur. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menunjukkan rasa syukur. Misalnya dalam mengawali hari kita bisa melaksanakan salat dhuha sebelum berangkat bekerja atau beraktivitas lainnya. Atau bisa juga menunjukkan sikap baik saat mengunjungi suatu tempat yang kita nilai menakjubkan dan indah.

Kali ini kamu akan saya ajak bersyukur dengan tadabbur alam di Gunung Rinjani, Lombok. Siapa sih yang nggak kenal gunung yang satu ini?

Wisata di Lombok gak hanya menawarkan pantai yang indah, pasir putih yang lembut sampai yang sebesar merica, gili atau pulau kecil, tapi Lombok juga menyimpan satu 'surga' bagi para pendaki gunung.

Gunung Rinjani dengan ketinggian 3726 mdpl berdiri kokoh dengan gagahnya di tengah-tengah Pulau Lombok.Gunung dengan puncak tertinggi ketiga di Indonesia setelah Puncak Cartenz dan Puncak Gunung Kerinci ini menyimpan berjuta pesona pemandangan alam yang menakjubkan.

Pilihan jalur pendakian yang harus dipikirkan matang-matang.

Bagi pencinta trekking, ada dua jalur pendakian resmi untuk mendaki gunung ini, yaitu melalui Desa Sembalun dan Desa Senaru.Dari bandara, kedua jalur tersebut dapat kamu tempuh selama kurang lebih tiga jam. Bedanya, Sembalun berada di Lombok Timur, sedangkan Senaru berada di Lombok Utara.Karakteristik keduanya pun berbeda.

Melalui Sembalun kamu gak langsung disiksa. Padang Savana yang luas akan menemani perjalanan kamu hingga pos 3.Tanjakannya pun tidak seberapa, hanya saja cukup panjang. Nah, setelah Pos 3 baru deh disiksa. Bukit penyesalan akan menantanguntuk ditaklukkan.Dinamakan penyesalan karena bukit ini menanjak terus, melewati 8 bukit, dan posisinya di tengah. Jadi jika lelah melandamu, menyesal deh sudah naik Rinjani. Mau balik sudah jauh, mau lanjut pun sudah capek.

Jika kamu lewat jalur Senaru, dari awal sudah disiksa. Nanjak terus sampai Plawangan Senaru. Tapi bonusnya, kamu akan melewati hutan hujan tropis yang sangat lebat jadi sejuk dan gak berasa panasnya, beda dengan Sembalun.

Menuju Puncak Gunung Rinjani.

Untuk menuju Puncak Rinjani, kamu harus start dari Plawangan Sembalun dari pukul 02.00 WITA dini hari. Perjalan menuju puncak memakan waktu kurang lebih 4-5 jam. Jadi saat kamu berada di puncak nanti, sunrise akan menyambut kamu.

Nah, setelah dari Puncak, baru deh ke Danau Segara Anak. Di sana kamu bisa mandi air hangat untuk melepas lelah. Bisa mancing juga biar kamu bisa barbequmalamnya.Kalau kamu gak bisa mancing atau gak bawa alat pancing, coba deh rayu-rayu bapak-bapak yang lagi mancing di sana, siapa tahu bapaknya lagi baik.

Tips asyik mensyukuri Rinjani.

Terakhir, tips dari saya sebelum naik Rinjani jangan lupa persiapkan fisik kamu. Pemanasan selama satu minggu dengan lari-lari kecil selama 30 menit setiap harinya akan membantu fisik kamu tidak terlalu kaget saat mendaki. Jangan anggap enteng kram loh.

Yang kedua, persiapkan juga semua perlengkapan trekking dan logistik kamu. Jangan anggap remeh karena kasus-kasus di Rinjani sering kali terjadi karena kurangnya persiapan.Dan yang terakhir, jangan buang sampah sembarangan. Bawa kembali sampah kamu!