Siapa yang nggak tahu Museum MACAN? itu loh tempat yang lagi hitz apalagi kalau kamu pencinta Art. Pameran Yayoi Kusama yang bertema 'Life is The Heart of A Rainbow' di Museum MACAN (Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara) yang telah dibuka sejak 8 Mei 2018 lalu dan akan berakhir pada 9 September 2018. Menjadi sebuah keuntungan besar bagi para pecinta seni di Indonesia khususnya di Jakarta karena setelah ditampilkan di beberapa negara termasuk National Gallery Singapore, Queensland Art Gallery dan Gallery of Modern Art di Autralia. Kini karya nya bisa kamu lihat secara langsung bahkan lebih dekat karena Indonesia menjadi lokasi ketiga dan pemberhentian terakhir.

Yayoi Kusama merupakan seniman asal Jepang yang terkenal akan seninya yang sering menampilkan tema polka dot, jaring-jaring dan labu. Wanita berusia 89 tahun ini juga suka bermain dengan ruang dan menghadirkan instalasi seni berukuran masif. Ada tiga instalasi seni atraktif yang bisa mengajak kamu terlibat di dalamnya dengan lebih dari 130 karya seni yang dipamerkan. Nah, buat kamu yang belum datang ke Museum MACAN untuk melihat mahakarya dari Yayoi Kusama ada baiknya kamu untuk mengetahui fakta unik tentang beliau!


1. Polka dot Queen

5 Fakta unik Yayoi Kusama, seniman Jepang yang hits di Museum MACAN

Yayoi Kusama sering berhalusinasi sejak umur 10 tahun. Dalam halusinasinya yang menculkan pola bintik-bintik dalam bentuk cahaya ataupun padat. Ini membuatnya sangat menyukai pola ini. Saking cintanya dengan motif polka dot, ia pun menndapat julukan Polkadot Queen.

2. Tanpa Sketsa

5 Fakta unik Yayoi Kusama, seniman Jepang yang hits di Museum MACAN

Dengan karya seninya yang sudah mendunia ternyata Yayoi Kusama tidak pernah membuat sketsa terlebih dulu. Well, semua hasil karya seninya murni dari pikiran sendiri yang kemudian ia tuangkan di atas kanvas maupun melalui media lain. Dan merupakan cerminan dari dirinya yang hanya dimiliki oleh dirinya sendiri.

3. Yayoi dan Rumah Sakit Jiwa

5 Fakta unik Yayoi Kusama, seniman Jepang yang hits di Museum MACAN

Beliau pernah mengalami gangguan mental dan mendaftarkan diri pada Rumah Sakit Jiwa Seia pada tahun 1977 untuk menyembuhkan halusinasinya tersebut, namun hal tersebut ternyata tidak membuahkan hasil. Dekat Rumah Sakit Jiwa yang berlokasi di Shinjuku, Tokyo inilah ia mulai membangun sebuah studio miliknya.

4. Pernah diusir dari Venice Biennale

5 Fakta unik Yayoi Kusama, seniman Jepang yang hits di Museum MACAN

Saat pertama kali ikut berpartisipasi di Venice Biennale pada tahun 1966, Yayoi menampilkan karyanya yang bertema 'Narcissus Garden' yang terdiri dari ratusan cermin dan dijual seharga US$ 2 per kepingnya. Ia menjual kepingan cermin tersebut dengan menggunakan kimono. Namun karena perbuatannya yang didasari ide mengenai komersialisasi seni ternyata tidak sesuai dengan ketentuan penyelenggara sehingga ia dikeluarkan dari event.

5. Karya 70 Tahun

5 Fakta unik Yayoi Kusama, seniman Jepang yang hits di Museum MACAN

Dari semua karya nya yang hampir berusia lebih dari 70 tahun karena karya tersebut dibuat sejak tahun 1950. Mulai dari lukisan, patung hingga Infinity Room dimana kamu bisa ikut masuk dalam ruangan hasil karya instalasinya tersebut, dan yang pasti keren banget kalau kamu foto di ruangan ini.