Belgia memastikan tiket melaju ke babak 16 besar setelah membenamkan Tunisia dengan skor 5-2. Penampilan impresif tim asuhan Roberto Martinez ini menghasilkan sejumlah rekor baru.

Apa saja sih rekor dan fakta menarik sepanjang Belgia kotra Tunisia?

1. Rekor baru tercipta sejak tahun 1954

Fakta setelah Laga Belgia Vs Tunisia pada pertandingan Piala Dunia

Laga Belgia kontra Tunisia menjadi pertandingan ke-27 pada perhelatan Piala Dunia 2018. Sepanjang 27 pertandingan berturut-turut, tidak ada satupun laga yang berakhir tanpa gol. Hal tersebut menjadi rekor baru sejak Piala Dunia 1954 dengan 26 pertandingan tanpa gol.

2. Romero Lukaku menyamai rekor Maradona

Fakta setelah Laga Belgia Vs Tunisia pada pertandingan Piala Dunia

Rekor lain tercipta pada laga ini. Lukaku menjadi pemain pertama yang berhasil mencetak dua gol berturut-turut pada perhelatan sepak bola terbesar di dunia ini. Sebelumnya, rekor tersebut dimiliki oleh Diego Maradona pada 1986, yaitu ketika Argentina berasil membenamkan Inggris dan Belgia.

3. Jumlah gol Lukaku setara dengan Ronaldo

Fakta setelah Laga Belgia Vs Tunisia pada pertandingan Piala Dunia

Romero Lukaku menunjukkan taringnya sebagai salah satu penyerang paling berbahaya di dunia. Lukaku berhasil melesakan dua gol ke gawang Elang Kartago dari Afrika itu. Karenanya, Lukaku telah membuat empat gol sepanjang dua pertandingan Belgia pada Piala Dunia 2018.Torehan tersebut setara dengan megabintang Portugal Cristiano Ronaldo. Keduanya memiliki kesempatan besar untuk merenggut 'sepatu emas' yang pada tahun 2014 dibawa pulang oleh James Rodriguez.

4. Badai cedera menghantui Tunisia

Fakta setelah Laga Belgia Vs Tunisia pada pertandingan Piala Dunia

Sudah jatuh tertimpa tangga. Setelah Tunisia harus menelan pil pahit karena kalah telak dari Belgia, dua pemain andalan jawara Piala Afrika 2004 itu harus ditandu keluar lapangan segera. Mereka adalah sang pencetak gol Dylan Bronn dan Sam Ben Youssef yang harus mengalami cedera di tengah pertandingan. Sebelumnya, tim besutan Maaloul Nabil itu harus kehilangan kiper nomor wahidnya Mouez Hassen karena mengalami benturan dengan Jesse Lingard pada pertandingan perdananya di Rusia.

5. Memperburuk catatan Piala Dunia Tunisia

Fakta setelah Laga Belgia Vs Tunisia pada pertandingan Piala Dunia

Kekalahan 5-2 Tunisia dari Belgia memperburuk rekor tim asal Afrika ini sepanjang berpartisipasi pada Piala Dunia. Sebanyak 13 pertandingan Piala Dunia, belum ada satupun laga berakhir dengan kemenangan. Prestasi sebaliknya justru dimiliki oleh Belgia. Belgia menjadi negara yang tak terkalahkan sepanjang 11 pertandingan berturut-turut fase grup sepanjang Piala Dunia yang mereka lakoni.