Pernahkah Anda berfikir tentang adanya kehidupan di planet lain selain di Bumi ini. Seluruh alam semesta raya ini menyimpan banyak misteri yang membuat kita sebagai manusia penasaran ingin mengungkapnya. Meski saat ini ilmu pengetahuan dan teknologi sudah maju, namun tetap sulit untuk dipecahkan.

Planet Mars merupakan planet utama yang diduga adanya kehidupan dengan berbagai banyak teori. Selalu menjadi perdebatan apakah benar ada kehidupan di planet merah ini? Jika benar adanya kehidupan, bisakah Manusia tinggal disana?

Hingga kini, para ilmuwan tetap mengirim misi secara rutin ke planet Mars untuk mengetahui sesuatu yang menarik disana? Mereka mempercayai bahwa cairan samudera telah menutupi permukaan Mars sebelum medan magnet menghilang.

Menurut Kepala Ilmuwan NASA Ellen Stofan, bahwa kehidupan di planet lain akan ditemukan setidaknya dalam beberapa waktu ke depan

Seperti yang dikutip dari laman vertikal.com, Sabtu (11/03/2017), Palnet Mars adalah Prioritas utama yang dianggap memungkinkan sebagai tempat tinggal manusia selain Bumi.

Namun, apakah benar ada kehidupan di planet merah ini? Atau setidaknya bisakah planet Mars ditinggali Manusia? Beberapa fakta ilmiah berikut ini dapat menjadi jawaban yang logis dari pertanyaan tersebut.

1. Telah Ditemukan Lapisan Es

Fakta ilmiah ini beri jawaban tentang kehidupan di Planet Mars

NASA mengungkapkan bahwa Planet Mars pernah ditutupi lapisan es sedalam 137 meter. Ini sama halnya hampir setengah dari belahan Bumi utara Mars. Di beberapa area terdapat kedalaman air yang lebih besar dari 1 mil atau 1,6 kilometer.

2. Telah Ditemukan Aliran Air

Pada Rabu, 30 September 2015 dipublikasikan Daily Mail bahwa NASA telah melaporkan pengumuman bahwa air telah menyebabkan garis-garis gelap di permukaan Planet Mars.

Namun, para peneliti masih belum yakin apakah air tersebut berasal dari akuifer atau hanya dari es yang mencair.

Ditemukannya air ini merupakan kabar yang lebih menggembirakan dibandingkan sekedar penemuan es. Pasalnya semua kehidupan bermula dari air.Hal ini memberikan secercah harapan bahwa di Planet Merah ini kemungkinan terdapat kehidupan.

3. Suhu Dingin di Mars Sangat Ekstrim

Fakta ilmiah ini beri jawaban tentang kehidupan di Planet Mars

Bumi memiliki rata-rata temperatur 14oC. Namun Planet Mars memiliki suhu rata-rata -63oC. Suhu ini sangat ekstrim untuk bisa ditinggali manusia di dalamnya. Jika manusia akan tinggal di sana, maka harus menciptakan sebuah alat yang canggih agar dapat melindungi tubuh dari suhu sangat dingin ini

4. Atmosfer Planet Mars yang Sangat Minim

Fakta ilmiah ini beri jawaban tentang kehidupan di Planet Mars

Lapisan atmosfer Mars 100 kali lebih tipis dibandingkan lapisan atmosfer Bumi . Akan sangat beresiko sekali dengan benda-benda langit yang jatuh ke permukaan planet ini, jika manusia tinggal di planet Mars. Selain itu, Mars mengandung 96% karbondioksida. Sisa lapisan atmosfer memiliki kandungan gas argon, nitrogen, dan gas berbahaya lainnya dan sangat beracun bagi tubuh manusia.

Apakah di planet-planet lain ada kehidupan juga? Ataukah hanya sebagai penghias jagad raya ini saja? Setidaknya, itulah batas pengetahuan kita, rahasia ini hanya sang Maha Kuasa-lah yang tahu, karena Dia-lah sang Pencipta alam jagad raya ini.