Menjadi seorang vegetarian memang merupakan gaya hidup sehat yang begitu efektif. Mengapa sangat efektif? sebab banyak sekali pelaku vegetarian memiliki tubuh yang sehat karena program vegetariannya. Apalagi, hal ini dilakukan oleh orang dengan berat badan yang lebih batas normal.

Akan sangat bermanfaat sekali, selain dapat mengurangi berat badan tetapi juga dapat menyehatkan tubuh. Namun, beberapa orang yang masih belum familiar dengan diet vegetarian. Sehingga mereka berpikir, apakah asupan gizi kita nantinya akan terpenuhi, apabila hanya mengonsumsi sayur dan buah.

Memang ketika kita melakukan sebuah program diet, asupan makanan kita akan dikontrol. Ini juga terjadi ketika melakukan diet vegetarian. Di mana kita hanya akan mengonsumsi dari sayur sayuran dan buah buahan. Hal inilah yang membuat berpikir dua kali.

Faktanya, melakukan diet vegetarian yang terencana tidak akan membuat tubuh kekurangan gizi sedikitpun. Bahkan, dengan melakukan program seperti ini tubuh akan terhindar dari penyakit penyakit degeneratif. Pelaku program diet vegetarian disebutkan dapat hidup lebih lama.

Sebab asupan makanan yang bersumber dari bahan nabatilah yang membuat mereka tetap sehat. Namun, tetap saja banyak orang yang takut, apabila melakukan diet ini dapat menimbulkan kekurangan gizi pada tubuh. Gizi tersebut seperti zat besi dan vitamin B12 apabila dalam tubuh kurang dapat menyebabkan anemia.

Beberapa bahan makanan yang kita konsumsi memiliki kandungan yang berbeda-beda. Daging yang digadang-gadang sebagai bahan makanan memiliki kandungan protein paling tinggi. Ternyata masih kalah dengan kandungan protein pada kacang kedelai yang berkisar 34 gr.

Program diet antara konsumsi sayuran dengan daging memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Pada pengiat program diet daging hanya dapat memenuhi kebutuhan akan protein, zat besi dan seng. Sedangkan untuk memenuhi kebutuhan antioksidan mereka membutuhkan sebuah suplemen sebagai pengganti sayuran.

Berbeda dengan halnya program diet vegetarian. Mereka dapat memenuhi hampir seluruh kebutuhan gizi dalam tubuh. Seperti protein, zat besi, vitamin dan lainnya. Memang dengan menerapkan program diet ini memiliki kelebihan yang banyak dari mulai segi kesehatan maupun berat badan.

So, program diet vegetarian sangat cocok bagi semua kalangan dari mulai balita, anak-anak, remaja, dewasa, orang tua, dan orang lanjut usia.