×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Didukung unreal engine, konser NOAH bakal terasa makin indah

0

Musik

Didukung unreal engine, konser NOAH bakal terasa makin indah

Noah Band / Foto: Musica

Teknologi yang diadopsi dari teknik produksi serial film Star Wars ini bakal memberikan tayangan yang indah dan memanjakan mata.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Sulistyawan Ds

07 / 01 / 2021 11:16

Mengawali tahun 2021, grup band NOAH kembali tampil dengan inovasi baru. Melalui konser BEYONDmo yang akan ditayangkan melalui aplikasi Vidio serta kanal YouTube NOAH Official pada Sabtu (9/1/2021), NOAH tampil dengan dukungan teknologi unreal engine yang memanjakan pemirsa dengan gambar-gambar yang indah. Teknologi yang diadopsi dari teknik produksi serial film Star Wars The Mandalorian ini menyajikan tayangan yang indah sehingga pemirsa dapat  merasakan suasana layaknya berada di lokasi konser sesungguhnya.

Sutradara konser Lutfie Abdulah yang akrab disapa dengan Upiek Guava menjelaskan, unreal engine merupakan software yang jamak dipakai dalam game terbesar di dunia. Mulai tahun lalu, software ini mulai dicoba untuk diaplikasikan dalam produksi film dan program televisi oleh para sineas dan produser televisi luar negeri. Software ini menggantikan peran greenscreen yang selama ini banyak dipakai oleh para sineas dalam menampilkan efek-efek sinematik.  

"Dengan software ini nantinya akan muncul kesan parallax karena software ini kita koneksikan dengan LED screen. Jadi penonton akan merasakan pengalaman sinematik selama menyaksikan tayangan konser," ujar Upiek dalam press conference virtual di Jakarta, Rabu (6/1/2021).

Didukung unreal engine, konser NOAH bakal terasa makin indah

Upiek Guava / Foto: Musica

Loading...

Ditambahkan Upiek, dengan mengadopsi teknologi ini maka tayangan akan terlihat sangat hidup. Tanpa perlu alat tambahan, pemirsa dapat merasakan suasana layaknya berada di lokasi yang senyatanya. Karena itu, ketika teknologi ini diterapkan pada tayangan konser musik maka penonton dapat merasakan suasana konser layaknya hadir di lokasi yang sesungguhnya.

"Karena teknologi ini di Indonesia belum pernah ada, saya berusaha men-develop untuk pemirsa di Indonesia," ujar Upiek.

Sementara itu, vokalis NOAH Band, Nazriel Ilham atau akrab disapa dengan Ariel menyatakan bahwa NOAH merasa cukup tertantang dapat tampil dalam konser ini. Karena itu NOAH melakukan persiapan yang cukup lama agar dapat tampil secara maksimal.

Jika sebelumnya NOAH telah menggelar konser dengan teknologi kamera 360, maka konser kali ini disebut Ariel sebagai konser extended reality yang akan melebihi dari tontonan 3D karena teknologi yang dipakai dalam konser ini mengadopsi banyak layer. Nantinya, dalam konser BEYONDmo ini NOAH akan menampilkan beberapa aransemen baru serta akan menampilkan satu tembang khusus yang spesial dipersembahkan untuk Sahabat NOAH.

"Bukan lagu baru,  tapi aransemen  lagu ini sangat spesial dan hanya ada di konser ini," ujar Ariel.

Untuk menggelar konser yang istimewa ini, NOAH bekerja sama dengan Bank BRI yang baru saja memperkenalkan produk layanan aplikasi BRImo. Ariel menilai kerja sama ini didasari pertimbangan bahwa ada kesamaan karakter antara Sahabat NOAH dengan karakter nasabah maupun calon nasabah BRI.

Karena konser ini didukung oleh BRI, Ariel mengaku tantangan terberat yang dihadapi justru pada song list yang nantinya ditampilkan. Sebab, NOAH harus memilih beberapa lagu yang bisa saling terangkai menjadi sebuah tema cerita yang sempurna. Pilihan lagu itu harus tepat karena dukungan yang diberikan untuk konser ini dinilainya sangat luar biasa.

"Kalau bikin sendiri konser seperti ini mungkin kita belum bisa karena untuk bisa sesempurna ini butuh effort-effort yang berlebih. Karena itu dengan adanya kerja sama ini banyak hal besar yang dapat dilakukan secara bersama-sama," tandas Ariel. (* Sulistyawan Ds)






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red