Ketika bertemu seseorang sudah jamak dikalangan orang Indonesia untuk saling berjabat tangan karena hal ini menunjukkan etika kesopanan. Pada zaman dahulu berjabat tangan merupakan hal penting karena menunjukkan beberapa hal diantaranya yaitu.

Pertama, menunjukkan bahwa kedua pihak sama-sama tidak membawa senjata. Kedua, kedua pihak menunjukkan tidak membawa penyakit menular dan terakhir menunjukkan kesepakatan bahwa perjanjian kedua pihak sudah tercapai. Saat kita menonton film Planet of The Apes berjabat tangan dikalangan kera juga terdapat etika berjabat tangan.

Namun dalam konsep kera berjabat tangan menunjukkan dominasi satu kera dengan kera lainnya. dimana kera yang mengulurkan tangan terlebih dahulu merupakan sebagai pihak penguasa.

Di balik semua itu tahukan kamu sahabat brilio kalau berjabat tangan menunjukkann kepribadian seseorang ? kok bisa ? oke disini brilio akan menjelaskan.

1.Berjabat tangan dengan kuat dan kencang

Hanya dari cara berjabat tangan, kepribadian seseorang bisa ditebak

Sumber :http://hellosis.com/2015/05/7-hal-yang-tidak-anda-ketahui-tentang-berjabat-tangan/

Sesuatu yang kuat dan kencang menunjukkan sebuah rasa mantap dan kepercayaan diri. Begitu pula dengan berjabat tangan, apabila seseorang berjabat tangan dengan kuat dan kencang menunjukkan pribadi yang mantap, terbuka dan percaya diri.

Apalagi didukung dengan berjabat tangan disertai kontak mata dan durasi cukup lama. dalam menentukan sebuah pilihan orang berjabat tangan kuat dan kencang ini langsung menjawab iya sehingga orang lain segera tahu pilihannya. Hal ini karena sifat terbukanya sehingga semua resiko siap ditanggung.

Orang yang berjabat tangan dengan kuat dan kencang ini dominan mempunyai jiwa pemimpin.

2. Berjabat tangan dengan lemah
Terdapat dua petunjuk ketika seseorang berjabat tangan dengan lemah. Yang pertama menunjukkan kepribadian yang tertutup, lemah dan penakut. Orang yang berjabat tangan lemah ini cenderung pandai berpolitik dalam artian tidak terbuka dalam mengemukakan pendapat atau memilih suatu pilihan. Hal ini karena banyak pertimbangan yang dimiliki oleh orang berjabat tangan lemah ini.

Sedangkan analisis kedua tentang orang berjabat tangan lemah ini karena faktor meremehkan pihak yang dijabat tangan. Karena berjabat tangan lemah ini cenderung ingin cepat-cepat selesai dan terkesan meremehkan lawan bicaranya. Namun bisa juga ada alasan lainnya seperti terburu-buru ingin segera meninggalkan percakapan karena ada alasan lainnya yang mendesak.

3. Berjabat tangan tanpa menatap mata lawan bicara

Hanya dari cara berjabat tangan, kepribadian seseorang bisa ditebak

http://the-truth-voice.blogspot.co.id/2010/04/tips-berjabat-tangan-yang-efektif.html

Berjabat tangan tanpa menatap lawan bicara diartikan sebagai pribadi yang kurang nyaman dengan lingkungan sekitar atau dengan lawan bicara. Selain itu berjabat tangan tanpa menatap mata lawan bicara menyiratkan tengah terjadi situasi canggung.

Pribadi yang berjabat tangan tanpa menatap mata lawan bicara melambangkan pribadi yang penakut, tidak berani mengambil inisiatif secara langsung dan cenderung bermain aman .

4. Berjabat tangan kelamaan
Berjabat tangan dengan kelamaan menyiratkan dua hal yakni pribadi agresif. Karena dengan berjabat tangan kelamaan menyiratkan menekan lawan bicara agar sama dengan keinginannya dengan cara apapun. Begitu pula saat berjabat tangan dengan lawan jenis dan cukup kelamaan maka dapat dianggap tidak sopan.

5. Berjabat tangan menggunakan dua tangan

Hanya dari cara berjabat tangan, kepribadian seseorang bisa ditebak

Sumberhttp://medan.tribunnews.com/2017/03/01/ini-kenapa-raja-salman-mau-jabat-tangan-dengan-ahok-saat-penyambutan-kenegaraan

Berjabat tangan menggunakan dua tangan menunjukkan sebuah kejujuran dan kepercayaan. Hal ini sering kita lihat saat pertemuan dua kepala negara yang berbeda. apabila mereka akrab dapat dipastikan mereka berjabat tangan menggunakan dua tangan secara bersamaan.