Pangkalan Bun merupakan ibukota dari Kabupaten Kotawaringin Barat, yang terletak dibagian barat Provinsi Kalimantan Tengah.

Pangkalan Bun dikenal dengan Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP) yang sudah mendunia. Berdasarkan data yang diberitakan oleh salah satu media lokal menunjukkan bahwa jumlah pengunjung/turis ke TNTP tahun ini berjumlah Sembilan Belas Ribu Orang.

Terkenalnya TNTP tidak berbanding lurus dengan makanan khas asli Pangkalan Bun yaitu coto manggala, yang belum diketahui oleh banyak orang. Mengapa demikian ? dilansir dari http://beritagar.id/ soto manggala tidak masuk pada daftar jenis soto di Indonesia.

Nikmatnya Coto Manggala khas Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah

Sebagai makanan khas daerah perlu di sosialisasikan dan dipromosikan agar menjadi daya tarik bagi wisatawan ketika berkunjung ke Pangkalan Bun sehingga bisa terkenal dan mendunia serta masuk ke dalam daftar Jenis Soto Indonesia.

Nikmatnya Coto Manggala khas Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah

Yang menjadi unik dari soto mangga ialah bahan utama yang terbuat dari singkong/manggala. selain itu dilansir dari http://dikobar.blogspot.co.id/ Soto Manggala ini pernah masuk Rekor MURI pada Tahun 2009 Dengan rekor sebanyak 8000 Soto Manggala berjejer sepanjang 2 Km.

Berikut ini merupakan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat coto manggala

Bahan:
1 kg singkong
1/2 kg ikan gabus
1 ons daun bawang
1 siung bawang bombai
seledri secukupnya
bawang goreng secukupnya
1 batang kayu manis
2 liter air
bawang putih
merica
garam
irisan telur yang didadar goreng
cabai/lombok secukupnya
2 butir jeruk nipis