×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Cegah Covid-19, UNY produksi Wastafel Portabel

0

News

Cegah Covid-19, UNY produksi Wastafel Portabel

Rektor UNY Prof.DR.Sutrisna Wibawa memperlihatkan alat Wastafel Portabel karya Civitas Akademika UNY / Foto: Humas UNY

Wastafel ini kolaborasi dan peran aktif jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan FT UNY dalam ikut menangani Covid 19.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Sulistyawan Ds

04 / 05 / 2020 14:45

Sebagai upaya berperan serta dalam perlindungan masyarakat terhadap penularan wabah Covid-19, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) memproduksi sejumlah Alat Pelindung Diri (APD) Mandiri. Salah satu APD terbaru yang baru saja diperkenalkan kepada publik adalah wastafel portable.

Cegah Covid-19, UNY produksi Wastafel Portabel

Pembuatan wastafel portable ini dilakukan untuk mendukung budaya cuci tangan di masyarakat sebagai upaya pencegahan terhadap penularan virus Covid-19. Wastafel ini kolaborasi dan peran aktif jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan FT UNY dalam ikut menangani Covid 19. 

Muhammad Riza selaku inovator Wastafel Portabel ini menjelaskan bahwa pembuatan alat tersebut dimaksudkan untuk mempermudah akses cuci tangan bagi masyarakat. Selain murah, mudah dibuat, dan meminimalisir kontak sentuhan karena bisa dinyalakan hanya dengan menginjak pedal di bagian bawah wastafel.

"Wastafel Portabel ini kami rancang dan kami buat  sejak awal bulan April dengan bahan-bahan sederhana seperti tong, ember, pipa, dan kran, mudah didapatkan di pasaran." Ujar Riza kepada wartawan, Selasa (28/4/2020).

Loading...

Ditambahkan Riza, dalam perakitan alat ini nyaris tidak ditemukan kesulitan sehingga dapat dilakukan secara cepat. Oleh karena itu pihaknya berharap Wastafel Portable ini nantinya ditempatkan di lokasi yang strategis sehingga mudah diakses publik. Selain itu, dengan desain yang sederhana, dapat dicontoh masyarakat agar semakin banyak lagi fasilitas cuci tangan yang tersedia. 

Saat ini prototipe Wastafel Portabel ini telah didistribusikan ke empat Kabupaten yang ada di DIY dengan rincian masing-masing 3 (tiga) unit untuk Kabupaten Gunungkidul dan Kulonprogo serta masing-masing 2 (dua) unit untuk Sleman dan Bantul. (*/sulistyawan)

 





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red