Semester akhir merupakan semester perjuangan yang mematikan bagi mahasiswa. Banyak mahasiswa yang merasakan penurunan motivasi, bahkan lebih memilih untuk menikah daripada mengerjakan skripsi. Loh?

Selain sulitnya bertemu dosen pembimbing, kendala lain yang dialami mahasiswa adalah sulitnya menemukan bahan skripsi. Harus pergi ke perpustakaan demi perpustakaan, hingga rela menguras dompet untuk membeli buku.

Nah, untuk mempermudah pengerjaan skripsi, berikut ini merupakan 10 situs gratis terbaik untuk pengerjaan skripsi yang telah Brilio.net rangkum dari berbagai sumber.

1. Directory of Open Acces Scholarly Resources (ROAD)

Pada situs ini, terdapat 13.745 penelitian gratis dari 150 negara yang siap di unduh. Terdiri dari 13.062 jurnal dimana 2.625 terindex Scopus, 240 Academic Repositories, 202 Monographic Series, 126 Conference Proceeding, dan 103 Scholar Blogs.

2. Indonesia One Search by The National Library of Indonesia

10 Situs ini akan membantumu menyelesaikan skripsi dengan cepat

Terhimpun jurnal dan ebook dari berbagai Institusi dalam dan luar negeri. Terdapat 21.473.752 artikel jurnal full text dengan 2.734 jurnal reputasi berbagai bidang ilmu. Kamu tidak perlu login untuk mengunduh jurnal tersebut.

3. Free-eBooks

Free-eBooks merupakan salah satu situs eBook yang terkenal. Pada situs ini tersedia bermacam-macam ebook dengan berbagai jenis genre dan kategori. Selain ebook, kamu juga dapat mengunduh jurnal bahkan majalah. Untuk mengunduh, kamu harus terlebih dahulu menjadi member situs tersebut. Jangan khawatir, untuk menjadi member, tidak diperlukan biaya registrasi.

4. FreeComputerBooks

Khusus untuk mahasiswa jurusan IT atau Komputer, situs ini sangat kami rekomendasikan. Pasalnya, situs ini merupakan situs khusus bagi kamu mahasiswa dengan jurusan Komputer. Disini terdapat berbagai macam koleksi buku seperti Komputer, Programming, Matematika, Technical Books, bahkan Lectur Notes dan Tutorial loh.

10 Situs ini akan membantumu menyelesaikan skripsi dengan cepat

Situs ini mengkategorisasikan koleksi ebooknya berdasarkan jenis, dengan 12 kategori utama dan lebih dari 150 sub kategori. Jangan khawatir, kamu dapat mengakses dan mengunduh ebook ini secara gratis !

5. OMICS Open Acces Journals

Pada situs ini, terdapat lebih dari 700 jurnal Internasional dengan pembaca lebih dari 15 juta di seluruh dunia. Jurnal ini dikhususkan untuk mahasiswa kesehatan atau kedokteran.

6. Bookfi.net

10 Situs ini akan membantumu menyelesaikan skripsi dengan cepat

Dengan koleksi lebih dari 2 juta ebook dan jurnal, situs ini berhasil menjadi situs ebook multilanguange terkenal. Tampilan situs yang simpel semakin memudahkanmu untuk mencari bahan penelitian. Kamu hanya perlu memasukkan keyword berupa judul, author, atau topik berkaitan, dan keluarlah ebook yang kamu mau.

7. Google Scholar/Cendekia

Situs ini merupakan situs yang paling terkenal di kalangan mahasiswa. Situs yang dinaungi oleh Google ini menyimpan berjuta-juta materi pelajaran berupa makalah,peer-reviewed, thesis, buku, abstrak, dan artikel yang berasal dari berbagai sumber akademis.

8.Directory of Open Accces Journals (DOAJ)

Situs ini memiliki lebih dari 2 juta koleksi artikel dan lebih dari 11 ribu koleksi jurnal dari 123 kota. Tak heran jika jurnal dalam situs ini terdiri dari berbagai bahasa/multilanguage seperti bahasa china, spanyol, dan lain sebagainya.

Untuk mencari artikel atau jurnal, kamu bisa langsung mengklik search di baris menu. Tapi jika kamu mau mencari jurnal atau artikel berdasarkan kategori, kamu dapat mengklik tab subject di bagian menu baris.

9.Bookboon.com

10 Situs ini akan membantumu menyelesaikan skripsi dengan cepat

Situs ini menyediakan lebih dari 1000 ebook secara gratis dengan 10 kategori dan masing-masing memiliki sub kategori. Tampilan yang minimalis dan menyegarkan dapat membuatmu lebih semangat dalam mencari buku yang kamu mau. Situs ini juga menawarkan pelayanan Premium, dimana kamu akan dapat mengakses dan mengunduh lebih banyak buku.

10. Science Direct

Meskipun terkenal dengan situs berbayar, situs ini juga menyediakan konten open acces dimana kamu dapat mengunduh lebih dari 250 ribu jurnal.

BONUS

Jika kamu menemui kendala dalam mengunduh jurnal (jurnal terkunci dan tidak bisa diunduh), kamu dapat membuka link http://sci-hub.la/dan mengcopy paste link jurnal yang kamu inginkan ke situs tersebut. Selamat mencoba