Aplikasi Chatting yang populer dan digandrungi para pengguna Smartphone di Indonesia, belakangan ini adalah WhatsApp. Banyak hal yang bisa dilakukan pengguna lewat aplikasi yang satu ini. Mulai dari berkirim pesan, melakukan panggilan suara dan panggilan video (video call), hingga melakukan chat group.

Dilansir dari tribunnews.com, setiap saat para pengguna akan terlibat aktivitas di aplikasi WhatsApp, seperti mengirim dan menerima pesan atau saling sharing informasi via grup WhatsApp. Ketika melakukan berbagai aktivitas tersebut, terdapat perhitungan kilobyte (kb) yang terekam dan tersimpan di dalam fitur penyimpanan WhatsApp.

Jika diabaikan dan tidak rutin dicek, maka jumlah tersebut setiap saat akan semakin bertambah, sehingga beban penyimpanan pada Smartphone pun ikut bertambah pula. Oleh sebab itu, sebagai pengguna yang bijak, kita harus rutin mengecek untuk mengetahui berapa kilobyte (kb), atau bahkan mungkin megabyte (mb) pesan yang sudah masuk. Untuk mengeceknya, kita bisa melakukan beberapa langkah ajaib berikut ini:

1. Terlebih dahulu aplikasi WhatsApp kita buka

2. Lalu kita masuk ke setelan (caranya tekan tiga titik yang ada di sebelah kanan atas)

3. Kemudian kita klik Setelan

4. Ketika sudah masuk ke halaman profil, kita cari fitur penggunaan data dan penyimpanan.

5. Jika sudah ketemu, kita pilih atau klik fitur tersebut.

6. Apabila sudah masuk, kita akan melihat beberapa pilihan, yaitu penggunaan jaringan, penyimpanan dan unduh otomatis media.

7. Pilihan yang kita klik adalah Penyimpanan.

8. Setelah itu akan terlihat jumlah Kb atau Mb dari pesan yang masuk ke ponsel kita.

9. Jika yakin ingin dibersihkan, maka kita klik nomor kontak yang akan dibersihkan.

10. Langkah berikutnya, kita geser ke bawah dan pilih Kelola Pesan.

11. Pada posisi paling bawah ada tulisan Bersihkan Pesan, biasanya tulisan ini berwarna merah.

12. Untuk membersihkan pesan, tinggal klik tulisan tersebut. Otomatis beban penyimpanan pada Smartphone kita akan berkurang.

Semoga bermanfaat. Terimakasih.

Sumber Referensi : tribunnews.com

Images :kienyke.com