×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Bukannya sehat, ini 5 efek buruk jika minum susu secara berlebihan

0

Kesehatan

Bukannya sehat, ini 5 efek buruk jika minum susu secara berlebihan

Mengonsumsi susu berlebihan bisa menimbulkan jerawat hingga obesitas.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Keza Felice

07 / 10 / 2020 11:56

 

Susu dikenal sebagai sumber minuman yang kaya akan mineral, kalsium, vitamin B12, vitamin D, protein, fosfor, kalium, sekaligus menjadi sumber kalsium yang sangat baik bagi tubuh dan tulang. Susu juga masih menjadi salah satu menu sarapan kesukaan banyak orang.

Namun, tidak banyak yang tahu jika kandungan yang dimiliki oleh susu ternyata tidak hanya menyehatkan, tapi juga dapat membuat beberapa orang menjadi sakit. Semua itu tergantung pada seberapa sering dan seberapa banyak seseorang mengonsumsinya. Dan berikut ini adalah beberapa efek buruk yang akan terjadi jika berlebihan minum susu.

1. Gangguan pencernaan.

Bukannya sehat, ini 5 efek buruk jika minum susu secara berlebihan

Loading...

Foto: Netdoctor.co.uk

Meski bagus untuk pertumbuhan dan kekuatan tulang, tetapi susu juga dapat membuat perut menjadi mual, kembung, sakit, atau juga terserang diare. Tentunya semua itu akan membuatmu merasa tidak nyaman, kan?

Hal tersebut biasanya terjadi karena tubuh mengalami intoleransi laktosa, yaitu tidak dapat memecahkan gula utama yang terkandung pada susu. Jika kamu memang mengalaminya, ada baiknya untuk menggantikan kebutuhan kalsium menggunakan sayuran berdaun hijau atau beberapa jenis kacang-kacangan.

2. Berat badan akan meningkat.

Bukannya sehat, ini 5 efek buruk jika minum susu secara berlebihan

Foto: Medcom.id

Mengonsumsi susu secara berlebih akan mengakibatkan kenaikan berat badan. Hal tersebut karena susu tinggi akan kandungan lemak dan kalori. Dalam satu gelas susu murni biasanya mengandung 146 kalori, sehingga hal tersebut akan memudahkan berat badan meningkat bahkan bisa menjadikanmu obesitas. Oleh karena itu, jika kamu merasa berat badan meningkat setelah keseringan mengonsumsi susu, sebaiknya segera ganti jenis susu yang kamu konsumsi menggunakan susu skim yang memang rendah kalori, ya.

3. Menimbulkan jerawat.

Bukannya sehat, ini 5 efek buruk jika minum susu secara berlebihan

Foto: Pixabay.com

Jerawat sering menjadi masalah kecantikan yang dialami oleh sebagaian orang. Salah satu penyebabnya adalah mengonsumsi susu secara berlebih. Hal tersebut dikarenakan susu memiliki kandungan insulin dan hormon pertumbuhan IGF-1. Peningkatan insulin dan IGF-I dalam tubuh akan berpengaruh pada perkembangan faktor-faktor yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat pada wajah.

4. Perut berisi gas.

Bukannya sehat, ini 5 efek buruk jika minum susu secara berlebihan

Foto: Hearstapps.com

Jarang diketahui jika ternyata susu memiliki kandungan gula laktosa yang memiliki gas. Dan gas tersebutlah yang dapat menyebabkan iritasi pada perut. Sehingga perut akan terasa begah, menjadi lebih bulat dan besar, serta akan menimbulkan sensasi seperti sembelit. Oleh karena itu untuk mencegahnya, kamu perlu mengurangi jumlah konsumsi susu.

5. Menjadi penyebab anemia.

Bukannya sehat, ini 5 efek buruk jika minum susu secara berlebihan

Foto: Linksehat

Minum susu secara berlebih ternyata dapat berpengaruh pada penyerapan zat besi dan mengurangi efektivitas nutrisi penting pada tubuh. Sedangkan kekurangan zat besi akan membuat tubuh kesulitan untuk menghasilkan hemoglobin. Dengan begitu kamu akan mengalami anemia yang dapat membuatmu merasa mudah lelah, pusing, sering mengantuk, sulit konsentrasi, bahkan bisa saja mengalami sesak napas.

Ternyata berlebihan minum susu itu nggak baik, kan? Oleh karena itu, supaya aman konsumsilah susu secukupnya saja, ya!






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red