Keberagaman Indonesia memang paling terkenal di dunia, dari bahasa, adat, serta sukunya. Tak heran, Indonesia memiliki semboyan Bhineka Tunggal Ika (Berbeda-beda tetapi satu jua).

Yang paling tersorot dunia adalah keberagaman sukunya, dan ternyata masyarakat luar negeri pun segan dengan 3 suku asli Indonesia ini. 3 suku ini terkenal dengan kekuatan supranaturalnya yaitu magis.

Dilansir dari laman independent.com, inilah 3 suku di Indonesia yang paling di segani di dunia.

1. Suku Baduy

Bukan Dayak, 3 suku asal Indonesia ini paling disegani di luar negeri

Suku ini terletak di pulau Jawa, yaitu di lebak Banten. Suku ini menolak akan adanya hal berbau inovasi teknologi ataupun peradaban modern, kecuali suku Baduy luar. Suku Baduy dalam lah yang menolak hal tersebut.

Suku baduy juga dikenal memiliki ilmu magis yang bikin mereka disegani. Mereka mahir dalam kemampuan meramal hingga guna-guna yang pasti bakal membuat siapapun jadi ngeri.

2. Suku Asmat

Bukan Dayak, 3 suku asal Indonesia ini paling disegani di luar negeri

Suku asmat yang berdiam di wilayah Papua ini juga termasuk suku di bumi Nusantara yang ditakuti karena dianggap "angker". Suku yang sangat menghormati roh leluhur nenek moyangnya itu menganggap dirinya berasal dari alam gaib yang terletak di tempat matahari terbenam.

Suku ini memiliki magis yang sangat luar biasa, konon mereka dapat menemukan barang hilang dan mendatangkan hujan serta petir dan angin kencang.

3. Suku Kajang

Bukan Dayak, 3 suku asal Indonesia ini paling disegani di luar negeri

Suku ini berasal dari daerah Provinsi Sulawesi Selatan, tepatnya di Bulukamba.Daerah tersebut dijulukiTana Toayang artinya tanah yang tertua, di mana masyarakatnya meyakini bahwa daerah tersebut ialah daerah tertua dan pertama kali diciptakan oleh Tuhan bumi.

Suku kajang dikenal memiliki ilmu hitam bernama doti kajang. Ilmu tersebut konon bisa merenggut nyawa orang yang menjadi korbannya. Orang suku kajang juga disebut-sebut punya ilmu kebal dan bisa melembekkan kepala orang seperti permen karet.

Pantas saja 3 suku ini paling disegani, kekuatan magisnya sangat luar biasa.