×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Buat coffee lovers, ini lho bedanya latte, cappuccino, dan mocha

0

N/A

Buat coffee lovers, ini lho bedanya latte, cappuccino, dan mocha

Bedanya latte, cappuccino, dan mocha dalam dunia kopi.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Krishna Chandra

31 / 01 / 2019 10:19

Kopi merupakan salah satu minuman yang bermanfaat banget. Di satu sisi, kamu pasti pernah dong menyeruput kopi dengan tujuan ngerasain kenikmatan kopi yang kamu pilih dan entah gimana itu bisa bikin kamu calm dan relax banget. Tapi di sisi lain, kamu pasti pernah juga memanfaatkan segelas kopi buat bikin kamu terjaga saat malam, entah itu karena harus belajar buat persiapan ujian atau ngerjain kerjaan setumpuk. Yang jelas ngopi itu udah jadi salah satu kegiatan wajib yang harus dilakuin setiap hari buat banyak orang deh. Nah ngomong-ngomong soal kopi, apakah kamu sudah tahu jenis atau macam kopi berdasarkan penyajiannya?

Kalau zaman sekarang macam-macam kopi sih udah banyak banget ya. Salah satu cara brewing kopi yang banyak penggemarnya sekarang adalah mencampurnya dengan susu. Nah, campuran kopi dan susu sendiri juga bervariasi. Sampai-sampai ada banyak orang yang belum tahu waktu melihat menu di coffee shop dan nggak ngerti apa bedanya Cappuccino dengan Latte atau Mocha. Meski semua itu terdiri dari bahan yang sama, rasanya berbeda lho. Buat ngebantu kamu, kita udah bikinin daftar nih tentang 3 jenis kopi populer agar kamu bisa paham bedanya dengan lebih baik lagi dan tahu jenis kopi mana sih yang sebenarnya sesuai dengan seleramu. Yuk, langsung aja disimak!

1. Cafe Latte.

Buat coffee lovers, ini lho bedanya latte, cappuccino, dan mocha

Latte atau Cafe Latte sering kali dianggap sebagai kopi milky yang lebih terasa susunya dibandingkan dengan Cappuccino. Well, itu memang benar sih, tapi sebenarnya perbedaannya dengan Cappuccino lebih dalam daripada itu. Kunci menghasilkan Latte yang bener-bener mantap terletak pada saat proses steaming susunya (susu dihangatkan dengan uap air, seperti dikukus).

Loading...

Proses steaming ini tujuannya untuk menghangatkan susu sesuai dengan suhu yang diinginkan dan untuk menghasilkan micro foam. Micro foam sendiri dihasilkan saat udara masuk ke dalam susu saat sedang dihangatkan dan proses itu juga menimbulkan bunyi “hisss” yang biasanya kamu dengar di coffee shop. Dengan tekstur micro foam yang sempurna itulah kemudian barista bisa menciptakan latte art yang terkenal itu. 

 

2. Cappucino.

Buat coffee lovers, ini lho bedanya latte, cappuccino, dan mocha

Cappucino merupakan minuman tradisional Italia yang bagian atasnya dipenuhi dengan froth (buih) susu dan taburan bubuk coklat yang menambah kelezatan dan kecantikan Cappuccino. Namun, definisi Cappuccino sebenarnya lebih dari sekadar buih dan bubuk coklat. Yang membuatnya khas adalah perpaduan pas antara Espresso, susu, dan foam.

Jadi minuman itu dikatakan sebagai cappuccino apabila ia memiliki takaran yang sama untuk setiap komposisinya (espresso, susu steamed, dan froth susu). Untuk mengenali apakah minuman itu adalah cappucino, kita umumnya akan merasakan foam yang agak tegas dan bold di saat pertama tegukan, lalu diikuti kopi dengan rasa milky yang kuat setelahnya. Yang juga perlu diketahui, cappucino tidak memakai art di permukaannya.

 

3. Mocha.

Buat coffee lovers, ini lho bedanya latte, cappuccino, dan mocha

Lain lagi dengan Mocha, varian kopi yang satu ini merupakan kombinasi dari cokelat dan Espresso yang menghasilkan rasa manis, kuat, dan nikmat dalam satu tegukan. Mocha yang enak biasanya menggunakan dark chocolate yang dicampur dengan seduhan Espresso, lalu diaduk, kemudian disajikan dengan Latte style steamed milk. Rasa Mocha yang menggunakan dark chocolate biasanya tidak terlalu manis dibandingkan dengan Mocha yang menggunakan milk chocolate atau chocolate syrup. Minuman ini juga cocok disajikan dengan tambahan whipped cream di atasnya.

Kamu juga pasti pernah menemukan menu Mochaccino dan Mocha Latte di coffee shop kan? Nah, kalau Mochaccino itu adalah Cappuccino yang ditambah unsur cokelat, bisa pakai chocolate syrup atau beberapa batang cokelat. Sedangkan Mocha Latte adalah Latte dengan tambahan cokelat.

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red