Belimbing adalah tumbuhan penghasil buah berbentuk khas yang berasal dari Indonesia,India,dan Sri Lanka.Belimbing memiliki nama Averrhoa carambola.Belimbing sudah tersebar ke penjuru Asia Tenggara,Republik Dominika,Peru,Brasil,Ghana,Guyana,Tonga,dan Polinesia.

Pohon belimbing bisa tumbuh dengan tinggi mencapai 5 m dan pohon belimbing pun tidak terlalu memerlukan sinar matahari.Pohon belimbing memiliki daun majemuk, ukurannya kecil-kecil namun rimbun. Warna bunganya merah hingga merah muda dan berkelompok di sekitar percabangan. Bunganya mudah berguguran apalagi saat tertimpa hujan. Warna buah belimbing, hijau pekat ketika masih muda dan berubah menjadi terang hingga kuning keemasan setelah matang.

Menurut para ahli buah belimbing sebanyak 100 gram menyediakan sekitar 31 kalori yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan jenis buah-buahan tropis lainnya.

Manfaat buah belimbing untuk kesehatan

Vitamin C yang terdapat pada buah belimbing sangat berguna untuk memilihara daya tahan tubuh,kesehatan kulit,dan kecantikan.

Antioksidan yang terdapat pada belimbing mampu menangkal radikal bebas,mencegah penuaan dini,mencegah kerusakan kulit,dan baik untuk kesehatan kulit.

Flavonoid yang terdapat pada belimbing mampu mengusir polusi dalam tubuh,mencegah penyakit mematikan menyerang tubuh,mencegah penyakit asterosklosis,mengusir virus,menghindari trombus,dan sebagai anti diare