Siapa yang sekarang tidak aware alias awas dengan Coronavirus? Virus yang mulai marak sejak Februari 2020 dan belum menunjukkan tanda-tanda akan musnah secara total ini masih jadi trending topic dunia. Berbagai berita berkaitan dengan Coronavirus / COVID-19 terus beredar sebagai headlines berbagai portal berita dunia. Virus ini juga sudah masuk dan menebar kekacauan dan kerusakan di negara kita Indonesia.

Hindari penyebaran virus ini dan ikuti saran dari pemerintah atau pihak yang berwenang dalam penanganan pandemik virus yang ada di Indonesia. Termasuk dengan menjalankan self quarantinealias mengisolasi diri secara swadaya/mandiri di rumah masing-masing untuk memutus rantai penyebaran virus Corona di Indonesia. Hashtag/tagar #DirumahAja mulai populer tidak saja di Indonesia, namun juga di berbagai negara lain yang tujuannya jelas untuk memastikan penyebaran virus mematikan terputus dan tidak lagi merambat ke mana-mana.

Anjuran stay at homeatau tetap di dalam rumah ini diharapkan dipatuhi dan diikuti masyarakat agar virus Corona bisa segera dimusnahkan. Berbagai anjuran, baik dari pejabat pemerintah hingga selebritas agar masyarakat mengurangi kegiatan bergerombol di luar dan perbanyak di dalam rumah atauindoor, muncul di media dan sosial media.

Salah satu anjuran yang ada adalah 'main video game saja di rumah ketimbang di luar rumah berpotensi terdampak atau menyebarkan virus'. Saran seperti ini tentu disambut meriah oleh para gamers; terutama kelompok yang tadinya memiliki sedikit waktu untuk bermain game favorit mereka. Dengan adanya pandemik COVID-19 seperti sekarang, dan orang disarankan untuk tetap di rumah saja sampai pandemik berakhir, gamers ramai-ramai setuju dengan usulan agar stay at home alias tetap di rumah sambil bermain video game.

Tapi sosok yang dikenal luas dengan video game fenomenal Metal Gear series, Hideo Kojima, punya saran yang sedikit berbeda soal ini.

Bingung mau ngapain selama #DirumahAja? Hideo Kojima punya saran bagus

Hideo Kojima (Sumber gambar: VR & Fun)

Hideo Kojima jelas bukan sosok biasa dalam industri video game. Dia adalah maestro. Walau tentu tidak semua orang setuju dengan sebutan tersebut, namun Hideo Kojima sudah membuktikan diri sebagai kampiun dalam pembuatan game yang kemudian meledak di pasaran serta jadi legenda. Serial Metal Gear Solid (dimiliki oleh perusahaan Konami Jepang) merupakan karya Hideo Kojima sejak video game era 8-Bit. Karya terkininya, Death Stranding (walau menimbulkan polarisasi pendapat di kalangan gamers) juga terhitung sukses di pasaran. Sehingga saat Coronavirus merebak dan anjuran untuk di rumah saja beredar, gamers menduga kalau Hideo Kojima juga ikut mempopulerkan kondisi ini dengan anjuran bermain video game. Ternyata bukan itu yang terjadi.

Walaupun dikenal sebagai penggemar berat film (bahkan salah satu statement keras Hideo Kojima untuk hobby dia itu adalah 70 persen tubuh saya dibuat untuk film), dia juga tidak menyarankan orang untuk perbanyak nonton film selama periode isolasi diri dari Covid-19 Coronavirus. Lah, tidak menyarankan perbanyak bermain video game dan menonton film? Jadi apa yang direkomendasikan Hideo Kojima selama periode #DirumahAja akibat Coronavirus?

Bingung mau ngapain selama #DirumahAja? Hideo Kojima punya saran bagus

(Sumber gambar: Twitter)

Jika melihat statement dari akun Twitter resmi Hideo Kojima, jawabannya adalah membaca buku. Shocking! Seperti yang dia tulis di akun tersebut: Bermain games atau nonton film di rumah selama masa seperti ini memang oke, tapi saya merekomendasikan untuk membaca buku. Kalau kamu enggak bisa keluar rumah untuk membeli buku, lihat saja sekeliling rumah kamu. Kamu pasti akan menemukan buku untuk dibaca. Baik buku yang belum pernah dibaca maupun buku yang mungkin sudah pernah dibaca bertahun-tahun yang lalu. Sebuah buku selalu menunggu untuk dibaca.

Ini sebuah saran yang termasuk mengejutkan karena tidak biasa, namun sangat bagus. Terutama karena datang dari kreator video game terkenal seperti Hideo Kojima. Di samping itu, membaca buku memang sebuah hal yang menyenangkan. Mungkin banyak dari kita yang sudah lupa rasa enak atau serunya membaca sebuah buku di tangan. Apalagi dengan kemudahan e-book dari teknologi layar sentuh. Tapi percayalah, membaca buku tidak akan pernah membosankan. Well, kecuali mungkin buku pelajaran sekolah?

Yang pasti, buku adalah jendela dunia. Ilmu pengetahuan tersebar lewat buku. Hiburan juga dapat tersampaikan lewat buku. Dan saat seorang kreator video game populer menyarankan untuk perbanyak membaca buku, yakinlah kalau saran itu berasal dari kebiasaannya sendiri.

#DirumahAja selama masa pandemik Coronavirus sambil membaca buku? Hayuk!