Buahapelbanyak menjadi pilihan untuk dikonsumsi. Rasanya yang lezat dan juga kandungan airnya yang melimpah membuat buah satu ini begitu segar ketika disantap. Namun saat menggigitnya, seringkali tak sengaja kita menggigit atau bahkan menelan biji apelnya.

Seperti yang dilansir dari laman lifestyle.okezone.com (04/05), biji apel mengandung amygdalin, zat yang dapat mengeluarkan sianida ketika terjadi kontak dengan enzim pencernaan manusia. Meskipun begitu, keracunan akut yang disebabkan oleh biji apel yang tak sengaja tertelan adalah kasus yangjarang terjadi.Zat amygdalin tidak hanya ditemukan pada apel. Kamu juga akan mendapatkan zat ini saat makan buah aprikot, almond, apel, dan ceri.

Biji apel mengandung sianida, bahayakah jika tertelan?

Amygdalin adalahracun glikosida yang dapat memproduksi hidrogen sianida, jika dikombinasikan dengan enzim gastrointestinal/pencernaan. Dibandingkan apel, biji buah yang memiliki zat amygdalin yang lebih besar adalah aprikot dan persik. Tentunya, ketika mendengar kata sianida, yang ada dalam pikiran adalah keracunan. Perlu diketahui bahwa buah atau biji yang mengandung amygdalin dapat diproses untuk dihilangkan zat beracunnya.

Seperti yang dilansir dari laman hellosehat.com (06/09), jika biji ini terkunyah hanya sedikit, tentunya tidak masalah. Jumlah kecil tersebut dapatdidetoksifikasioleh enzim yang ada di dalam tubuh. Dalam jumlah kecil, tubuh mengubah sianida menjadi tiosianat, yangtidak berbahaya dan bisa dikeluarkan oleh urin.

Selain itu, ternyata jumlah yang sedikit ini justrubermanfaat untuk menjaga kesehatan saraf dan sel darah merah, jika dikombinasikan dengan zat kimia lain yang dapat membentuk vitamin B12. Tetapi, pendapat berbeda diungkapkan Agency for Toxic Substances & Disease Registry, yang dikutip situs Healthline, menurutnya jumlah yang minim pun tetap berbahaya. Terkontaminasi sianida dapat menyebabkan kerusakan jantung, dan otak, bahkan koma, dan kematian.

Biji apel mengandung sianida, bahayakah jika tertelan?

Jika memakannya dalam jumlah besar, tentunya akan berbahaya. Sianida dalam jumlah besar dapat mengikat fungsi sel-sel darah yang membawa oksigen, karenazat ini mampu masuk dengan cepat ke dalam aliran darah. Dalam sekejap, sel akan kekurangan oksigen dan tentunya sel menjadi mati. Racun sianida akan menyerang jantung, sistem pernapasan, dan sistem saraf pusat.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention, yang dikutip situs Healthline, dosis sianida yang dapat mengakibatkan kondisi fatal adalah sekitar 1-2mg/kg, atau kira-kira Anda harus memakan sekitar 200 biji apel, atau 20 bagian tengah buah apel. Dengan pro dan kontra yang ada, sebaiknya biji apel tidak perlu dimakan, selain untuk berhati-hati, rasanya juga pahit. Tentu lebih baik, memakan daging apelnya saja, yang menyegarkan dan menyehatkan.