×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Bersin-bersin akibat alergi tungau, atasi dengan 3 cara ini

0

Kesehatan

Bersin-bersin akibat alergi tungau, atasi dengan 3 cara ini

Alergi ini sangat mirip seperti alergi dingin, padahal hal itu bisa juga terjadi karena Tungau (hewan mikroskopis).

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Udin Sedunia

22 / 04 / 2019 11:17

Kamu pernah batuk dan bersin-bersin hanya di malam dan pagi hari? Melihat dari gejalanya, pasti kamu berpikir bahwa itu disebabkanoleh alergi dingin. Namun menurut para pakar, hal itu juga bisa disebabkan karena kita terkena alergi tungau.

Apa itu alergi tungau? Tungau adalah sejenis hewan mikroskopis (berukuran amat kecil), yang dapat ditemukan pada perabotan rumah seperti kasur, sofa, karpet atau tirai. Dengan ukurannya yang kecil membuatnya kadang terlihat dengan mata biasa dan bisa dengan mudahnya terhirup oleh manusia.

Tungau bisa hidup di daerah yang lembap dan hangat sekitar 20-250 celcius, namun ia juga bisa mati pada suhu yang sangat ekstrem. Dan kematiannya atau sisa bangkai mati itulah yang dapat menempel pada kulit dan menyebabkan alergi (selain menggit).

Bersin-bersin akibat alergi tungau, atasi dengan 3 cara ini

Sumber : https://kapsulmetama.com/

Loading...

Reaksi dari alergi yang ditimbulkan cukup beragam, mulai dari hingga sesak napas, bersin-bersin, gatal-gatal, pilek, mata merah, dan bagi penderita asma bisa menyebabkan ia kesulitan bernafas.

Adakah cara untuk menghindari gejala alergi tungau tersebut? Ini adalah hal yang sangat penting untuk kamu lakukan, apalagi jika kamu memiliki seorang bayi. Penanganan yang mudah dan tepat untuk mengatasi gejala alergi tungau adalah sebagai berikut.

1. Jaga kebersihan rumah kamu.

Rumah yang kotor, tentunya bakteri dan kuman pun akan mudah sekali bersarang, termasuk tungau. Karena tungau sering terdapat pada beberapa perabotan rumah tangga, maka untuk menjaga kebersihan rumah, kamu bisa mengikuti tips di bawah ini:

- Cuci selimut, seprai, karpet atau tirai.

Kamu bisa mencucinya seminggu sekali menggunakan air panas, kemudian jemur di bawah sinar matahari. Nantinya tungau akan mati bila terendam dalam air hangat bersuhu 54 derajat dan juga akan mati oleh paparan sinar matahari.

- Bersihkah debu di kamar.

Sewaktu membersihkannya gunakanlah masker dan gunakan penyedot debu. Kamu juga bisa menggunakan lap basah agar debu dan tungau bisa menempel pada lap basah tersebut setelah dibersihkan.

- Ganti semua bahan wol dengan bahan sintetis.

Bahan seperti karpet, sarung bantal guling, sprei, dan bahan wol atau bahan berbulu lainnya ganti dengan bahan yang sitetis agar mudah untuk mencucinya.

 

2. Pastikan sirkulasi ruangan baik.

Buka jendela setiap hari supaya cahaya dan udara dapat masuk ke dalam ruangan dan nantinya udara yang kotor akan terganti dengan udara yang bersih. Apabila kamu menggunakan AC, jangan lupa untuk membersihkan filternya dengan rutin.

 

3. Minum obat.

Selain pencegahan yang kamu harus lakukan di atas, cara yang ini juga wajib dilakukan jika kamu terserang tungau. Kamu bisa mengurangi keluhan seperti batuk atau hidung tersumbat dengan obat antihistamin, kostikosteroid hidung, atau dekongestan. Sebelumnya konsultasi dulu dengan dokter mengenai obat-obatan yang konsumsi guna menghindari obat-obatan sembarangan.

Itulah upaya pencegahan dan cara mengatasi gejala alergi tungau. Intinya jika lingkungan sekitar kamu bersih, maka penyakit pun tidak akan menyerang.

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red