Apple resmi memperkenalkan updtae iOs terbaru yaitu iOs 12 bagi para penggunanya, peresmian tersebut dilakukan dalam acaraThe Apple Worldwide Developers Conference (WWDC) hari Senin (4/6) diSan Jose Convention Center, California, Amerika Serikat.

Pembaruan sistem operasi tersebut akan tersedia untuk semua perangkat Apple yang berjalan di iOs 11 pada musim gugur tahun ini atau sekitar bulan September nanti. DilansirBrilio.netdari The Guardian, berikut ini fitur-fitur terbaru yang bisa dinikmati dari iOs 12 nantinya:

1. Peningkatan Performa

Apple berjanji bahwa pengguna iPhone akan melihat peningkatan kecepatan yang cukup besar di seluruh perangkat, termasuk untuk smartphone terdahulu seperti iPhone 5S tahun 2013.

Aplikasi akan diluncurkan hingga dua kali lebih cepat dari sebelumnya, kamera akan memuat 70% lebih cepat dari sebelumnya, dan demikian pula layar beranda setelah ponsel dibuka kuncinya, sementara keyboard akan muncul lebih cepat.

2. Bisa Mengatur Penggunaan Perangkat

Bersiap untuk upgrade? Ini 5 fitur terbaru di iOS 12

Apple juga berupaya membantu orang-orang mengurangi kecanduan mereka terhadap ponsel mereka. Fitur terbaru adalah batas waktu layar, fitur ini akan menghasilkan laporan aktivitas mingguan yang menunjukkan penggunaan aplikasi, berapa banyak pemberitahuan yang anda terima dan seberapa sering anda mengambil dan menggunakan ponsel.

3. Pengawasan Orang Tua

Bersiap untuk upgrade? Ini 5 fitur terbaru di iOS 12

Fitur terbaru yang disebut dengan Downtime ini dapat digunakan oleh orang tua dalam memantau aktivitas anaknya dalam menggunakan ponsel. Orang tua juga bisa melakukan pemantauan dan pembatasan penggunaan aplikasi yang sama pada iPhone anak-anaknya, serta dapat melihat laporan aktivitas anak mereka di perangkat iOS mereka sendiri, serta mengatur dan mengelola batas aplikasi untuk anak mereka.

4. Membuat Emoji Sesuai Keinginan

Bersiap untuk upgrade? Ini 5 fitur terbaru di iOS 12

Setelah menambahkan animoji baru seperti hantu, koala, harimau dan T-Rex pada perangkat terdauhulu, fitur terbaru yang terdapat pada perangkat iOs 12 adalah kita bisa membuat animoji sendiri sesuai keinginan. Juga, animoji ini bisa dideteksi hanya dengan menggunakan lidah.

5. Google Maps Tersedia di Apple Car Play

Sistem konektivitas dalam mobil Apple Car Play, hingga kini terbatas pada Apple Maps untuk tugas navigasi. Pada iOS 12, Apple membuka pintu untuk aplikasi navigasi pihak ketiga, ini akan menjadi perubahan yang sangat disambut untuk pengguna Google Maps.