Nama atau istilah sebuah benda atau bahkan nama seseorang bisa memancarkan asal daerah atau negaranya. Namun ternyata tidak selamanya hal tersebut benar, karena setidaknya tiga hal berikut berasal dari satu tempat berbeda yang jauh dari perkiraan.

1. French Fries
Kentang goreng ini sangat mudah ditemukan di restoran-restoran siap saji, baik untuk disantap begitu saja atau untuk menemani makanan lain seperti ayam goreng, steak ataupun santapan lain. Bukan hal asing bahwa French Fries merupakan salah satu santapan favorit segala usia terutama anak-anak jaman now.

French Fries beku yang mudah didapat di berbagai super marketpun merupakan salah satu sasaran belanja para ibu untuk menempati ruang di freezer rumahnya karena memang sangat praktis dan bisa dibilang satu dari sekian jumlah kebutuhan pangan lain. Bahkan beragam resep french fries homemade bertebaran di situs-situs resep masakan.

Faktanya, cemilan ini justru dari Belgia dan dikenal sejak tahun 1600an. Masyarakan miskin Belgia kerap menggoreng ikan sebagai makanan sehari-hari mereka dengan potongan serupa dengan kentang goreng ini. Namun mereka sulit mendapatkan ikan di musim dingin karena membekunya air sungai, sehingga alternatif makanan pengganti coba untuk ditemukan. Mereka kemudian mendapatkan salah satu tanaman jenis umbi yaitu kentang yang diolah dengan cara menggorengnya.

Makanan ini diperkenalkan kepada para tentara Amerika yang bertugas di Belgia pada masa Perang Dunia I, dan mengingat bahasa sehari-hari para tentara Belgia kala itu adalah bahasa Perancis, maka mereka menamakannya French Fries dan istilah itu mendunia hingga saat ini.

2. Croissant
Ditilik dari namanya, roti yang tersedia hampir di semua coffee shop dan restoran hotel berbintang ini akan melayangkan pemikiran bahwa Croissant berasal dari negeri fashion tersebut, terutama mengingat cara pengucapannya yang 'sangat Perancis'

Croissant sulit ditemukan di Prancis pada masa lampau, walaupun kenyataan ini sulit dipercaya. Pada 1800-an, makanan ini hanya bisa dibeli di toko roti khusus Wina, yang hanya ditemukan di lingkungan Paris yang lebih mahal. Pada tahun 1800-an, bahkan terkenal di kalangan orang Prancis bahwa kue-kue mentega ini adalah makanan asing yang sulit ditemukan.

Nenek moyang croissant bernama kipfel, sebuah roti berasal dari Austria dan sudah diolah sejak tahun 1227. Roti berbentuk bulan sabit yang dibuat dengan banyak mentega dan sekarang ini seringkali diberi taburan gula atau almond ini pertama kali dipersembahkan oleh pembuat roti Wina kepada Duke Leopold sebagai hidangan Natal. Namun sumber lain mengatakan bahwa kipfel adalah roti berbentuk bulan sabit berasal dari tahun 1683 dipersembahkan sebagai hidangan perayaan kemenangan Austria atas Ottoman atas pengepungan Wina

Bagaimana roti ini kemudian hadir di perancis tidak diketahui asal muasalnya karena banyaknya legenda yang menceritakan hal berbeda.

3. French Kiss
Ciuman satu ini bisa jadi jenis ciuman mesra yang kerap dilakukan kala pasangan tengah dimabuk cinta atau ciuman intim pasutri.

Ternyata French Kiss pertama kali dituliskan dalam Kitab Kamasutra pada abad 5 SM. Sementara catatan lain menyatakan bahwa Alexander Agung memiliki peran besar terhadap penyebarluasan French Kiss ketika India masuk dalam wilayah kerajaannya. Ciuman itu merajalela dalam era kekaisaran Romawi, mereka yang tersebar di Asia, Afrika dan Eropa, semula tidak mengenal ciuman kemudian tidak sungkan melakukannya. Dari sinilah orang perancis mengenal jenis ciuman tersebut.

Ciuman mesra ini kemudian dikenal di seluruh dunia dengan sebutan French Kiss yang ditahbiskan oleh warga Amerika, karena konon pada abad 18 banyak warga benua tersebut mengadakan perjalanan ke Perancis dan mendapatkan ciuman dari para wanita dengan cara ini, satu hal yang pada dilarang keras dilakukan di benua Amerika karena mencium seseorang berarti menikahinya sejalan dengan paham yang berlaku masa tersebut. Sepulang ke Amerika, kaum lelaki kemudian akan berbangga hati menyampaikan kepada sesamanya bahwa saat berada du Perancis mereka bisa mendapatkan ciuman mesra dari wanita perancis "get a kiss from French women" , dan dipersingkat menjadi "get a French kiss"