Kamu ingin menjual mobilmu? Sudah tahukah kamu jika ternyata warna mobil dapat mempengaruhi cepat atau tidaknya mobilmu akan terjual?

Menurut pantauan dari Carsome, salah satu platform jual mobil di Jabodetabek, warna mobil memang bisa sangat memengaruhi harga pasaran. Misalnya saja pangsa pasar mobil yang paling laris di Indonesia saat ini masih didominasi dengan warna putih dan hitam.

Sementara untuk warna-warna lain di luar warna tersebut biasanya sangat tergantung terhadap selera pembeli. Contohnya saja, beberapa pelanggan yang berasal dari daerah Madura cenderung lebih menyukai warna merah pada mobilnya.

Benarkah warna mobil dapat memengaruhi harganya?

Untuk mobil-mobil bertipe city car seperti Honda Jazz, Toyota Yaris, atau bahkan Mini Cooper, justru warna terang lah yang paling banyak diminati pembeli seperti warna orange, kuning, biru, dan hijau. Sedangkan untuk mobil-mobil bertipe premium seperti BMW dan Mercedes Benz, orang pasti cenderung mencari warna hitam, karena akan memberikan kesan gagah, maskulin, dan berkelas bagi pengendaranya. Para peminat mobil SUV juga lebih menyukai mobil dengan warna hitam untuk memunculkan kesan gagah dan tangguh pada mobilnya.

Beberapa alasan lainnya juga disampaikan tentang mengapa orang memperhatikan warna mobil sebelum membeli. Salah satunya adalah kenyamanan saat mengendarai mobil.

Percaya tidak percaya, ketika mengendarai mobil mewah dengan warna kesukaan maka kita akan terbawa suasana nyaman dalam mengendarainya. Seseorang juga akan lebih rajin untuk menjaga mobil yang ia kendarai tersebut demi mendapatkan warna yang selalu terang dan mengkilap.