Berbicara kosmetik, orang Indonesia belakangan ini sedang asyik dengan tren produk kecantikan asal Korea Selatan. Bila ditilik, tren kecantikan ini merupakan turunan dari budaya pop Negeri Ginseng yang sedang naik daun.

Tapi sebenarnya, tentang kosmetik yang biasa digambarkan oleh visual nan cantik putih-putih itu justru lebih dulu dipengaruhi dari negara seberangnya, Jepang. Kira-kira setengah abad lalu, orang Jepang bernama Shu Uemura menemukan pencapaian baru pada kosmetik.

Ini sosok inspiratif di balik penemuan cleansing oil alami asal Jepang

Mulanya, pria ini adalahmakeup artistyang bekerja di Hollywood pada era 50-an. Setelah pulang ke Jepang, ia tidak lagi sekadar memoleskan produk kecantikan buatan Amerika di atas kulit wajah kliennya. Terlebih ketika itu banyak permintaan pasokan kosmetik dari pasar lokal Jepang.

Merasa telah penuh asam garam, Shu mencoba membuat kosmetik atas namanya sendiri. Bedanya, ia kukuh memilih filosofi Beautifulmakeup starts with beautiful skin berbekalnatural ingredientdalam pembuatan produk kosmetiknya. Kala itu, kosmetik sehat berbahan alami yang dapat mengakomodir kesehatan kulit masih jauh dari pemikiran orang-orang.

Ada dua bahan dasar utama yang dipakai untuk membuat produk kosmetik Shu Uemura, yakni mineral dari air laut dalam dan ekstrakasian phyto-ingredients. Air laut dalam cenderung mengandung mineral cukup kaya. Berlimpahnya mineral baik untuk kulit karena dapat mencegah kelebihan produksi minyak hingga menjauhkan dari kanker kulit dan menjaga elastisitas kulit. Sedangkanasian phyto-ingredientsadalah ekstrak dari bahan alami tumbuhan (Green tea, Aloe, Allantoin, Punica Granatum/Pomegranate, Lavender, Chamomile) yang memiliki banyak manfaat untuk kulit.

Ini sosok inspiratif di balik penemuan cleansing oil alami asal Jepang

Shu tidak hanya membuat merek kosmetik sendiri dan meramu produk dari bahan alamiah. Ia pun menciptakan terobosan baru dalam dunia kosmetik melalui produk bernamacleansing oil. Lagi-lagi, ketika itu belum ada produk perawatan yang dapat membersihkan lapisanmakeup dengan sempurna.

Cleansing oilitu pun berpegang teguh pada filosofinatural ingredient. Shu menggunakan kandungan minyak Camelia sebagai bahan utama dalam ramuan tersebut. Kalau bahasamarketing-nya,cleansing oilyang berbahan Camelia ini tidak hanya mampu membersihkanmakeup. Tapi juga bermanfaat untuk memenuhi asupan nutrisi yang dibutuhkan wajah. Hingga kini,cleansing oilmenjadi bagian yang tidak terpisahkan dari per-makeup-an.