Senyum yang indah dihiasi oleh gigi yang rapi tentunya merupakan idaman semua orang. Seperti yang kita tahu, cara untuk merapikan susunan gigi adalah dengan memakai alat ortodontik atau yang umum disebut behel.

Behel memang terlihat keren, selain untuk merapikan gigi juga dianggap sebagai 'alat' menaikkan status sosial. Ya, umumnya pemasangan behel di dokter gigi memakan biaya yang tidak murah, tergantung keparahan kasus.

Lalu, bagaimana dengan pemasangan behel murah yang dilakukan oleh selain dokter gigi?

Pemasangan behel atau alat ortodontik merupakan kompetensi yang dimiliki oleh dokter gigi. Seorang dokter gigi tentunya sudah memiliki pengetahuan mendalam mengenai cara pemasangan behel yang benar selain dari segi estetik, yaitu pertimbangan medis mengenai dampaknya terhadap tubuh.

Pemasangan behel selain oleh dokter gigi, sudah jelas membahayakan. Praktisi yang melakukan pemasangan behel tentunya tidak punya dasar pengetahuan medis yang kuat dan tidak punya izin serta tidak akan bertanggungjawab atas kerusakan di masa yang akan datang.

Dilansir dari akun Instagram @korbantukanggigi, ada berbagai macam kasus pemasangan behel ilegal yang dilakukan selain dokter gigi dan saat sudah terjadi kerusakan barulah pergi ke dokter gigi. Di beberapa kesempatan juga sering terlihat bahwa praktisi ini tidak memenuhi standar untuk memasang behel seperti penggunaan lem behel, tidak menggunakan handscoon dan alat yang tidak steril.

Dampak yang sering ditimbulkan oleh pemasangan behel ilegal antara lain rasa ngilu yang sangat menyiksa, kerusakan email gigi, resiko infeksi karena penggunaan alat yang tidak steril, dan sampai kegoyangan serta lepasnya gigi.

Lalu, apakah masih mau memasang behel di tempat ilegal? Tentunya apabila peduli dengan kesehatan, kamu akan mempercayakan gigi dan kesehatanmu pada orang yang memang mengetahui ilmunya.