Salah satu ajang penghargaan paling bergengsi untuk pemain sepak bola dunia telah dilangsungkan tadi malam di London, yaitu FIFA THE BEST.

Nama para pemain, pelatih dan kiper yang dinominasikan juga sudah beredar dan puncaknya adalah pengumuman pemenang tadi malam.

Yang paling ditunggu-tunggu tentunya adalah pemenang pemain terbaik pria dengan tiga nominasi final yaitu Ronaldo, Messi dan Neymar.

Fans sepak bola tentunya memiliki pendapat yang berbeda-beda mengenai siapa yang layak memenangkan pilihan tersebut. Penasaran bagaimana cara FIFA menentukan pemenangnya?

Begini lho penentuan pemain terbaik FIFA yang dimenangi Ronaldo

Dilansir dari situs resmi FIFA, fifa.com, pemilihan dimulai dari seleksi yang dilakukan oleh dua panel ahli dari 6 konfederasi sepak bola dunia yang menghasilkan 24 kandidat yang dinominasikan sebagai kandidat pemain terbaik dunia musim 2016/2017. Periode penilaiannya adalah dari tanggal 20 November 2016 sampai 2 July 2017.

Dari 24 kandidat pemain terbaik inilah dimulai proses voting yang berlangsung antara tanggal 21 Agustus 2017 sampai 7 September 2017.

FIFA sebagai otoritas sepak bola tertinggi di dunia mengalokasikan suara menjadi empat bagian, yaitu 25% suara pilihan dari fans seluruh dunia yang dapat memilih melalui situs resmi mereka, 25% suara dari kapten tim nasional semua negara, 25% suara dari pelatih kepala tim nasional semua anggota FIFA dan 25% lagi suara dari group media internasional yang memiliki lebih dari 200 anggota.

Begini lho penentuan pemain terbaik FIFA yang dimenangi Ronaldo

Voting sudah dilaksanakan dari tanggal 21 Agustus 2017 sampai 7 September 2017 dimana FIFA telah mengumumkan tiga kandidat terbaik pilihan dari mereka yang memiliki suara tersebut di atas pada pertengahan bulan September kemarin.

Inilah proses yang dilalui untuk memilih FIFA THE BEST tahun ini, semoga bisa memberikan pencerahan mengenai proses ini sehingga terpilihnya pemenang tahun ini, mengakhiri debat mengenai siapa yang lebih layak memenangkannya.

Begini lho penentuan pemain terbaik FIFA yang dimenangi Ronaldo

Ronaldo memang layak memenangkan penghargaan tahun ini mengingat kontribusinya selama musim lalu yang berhasil mengantarkan klubnya memenangkan gelar La Liga, back-to-back Liga Champions Eropa, UEFA Super Cup, dan Piala Super Spanyol.

Berikut daftar lengkap pemenang untuk tahun ini sebagaimana dilansir dari fifa.com.

The Best FIFA Men's Player 2017: Cristiano Ronaldo
The Best FIFA Women's Player 2017: Lieke Martens
FIFA FIFPro World11: Gianluigi Buffon; Dani Alves, Leonardo Bonucci, Sergio Ramos, Marcelo; Toni Kroos, Andres Iniesta, Luka Modric; Cristiano Ronaldo, Lionel Messi, Neymar
FIFA Fair Play Award 2017: Francis Kone
The Best FIFA Women's Coach 2017: Sarina Wiegman
FIFA Fan Award 2017: Celtic
The Best FIFA Goalkeeper 2017: Gianluigi Buffon
The Best FIFA Mens Coach: Zinedine Zidane
The FIFA Pusks Award 2017: Olivier Giroud